TikTok debagai media eksistensi diri kalangan Milenial ditengah Covid-19 : Studi deskriptif tentang tindakan mahasiswa Sosiologi angkatan 18 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Aliah, Ai Rida Himatul (2022) TikTok debagai media eksistensi diri kalangan Milenial ditengah Covid-19 : Studi deskriptif tentang tindakan mahasiswa Sosiologi angkatan 18 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
7_bab 4.pdf

Download (843kB) | Preview
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan sebuah media sosial tiktok yang melejit di era Covid-19. Media tiktok dijadikan sebagai media untuk mengeksistensikan diri diera Covid-19. Salah satunya seperti Mahasiswa Sosiologi Angkatan 18 yang dikategorikan sebagai generasi milenial. Maraknya penggunaan tiktok ini menimbulkan berbagai persepsi dan konsep diri (self), terhadap kreator tiktok karena tiktok telah memberikan perubahan terhadap sikap Mahasiswa Sosiologi angkatan 18 UIN SGD Bandung. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh data mengenai persepsi konsep diri Mahasiswa Sosiologi angkatan 18 terhadap penggunaan tiktok, menelaah faktor yang mendorong Mahasiswa Sosiologi angkatan 18 dalam penggunaan tiktok di tengah Covid-19, serta menejelaskan perubahan sikap Mahasiswa Sosiologi 18 akibat dari penggunaan aplikasi tiktok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah persepsi konsep diri (self) yang merupakan bagian dari teori interaksionalisme simbolik George Herbert Mead. Persepsi konsep diri menurut Mead yaitu suatu pandangan konsepsi tentang kemampuan menerima diri kita dari orang lain yang ada kaitan antara individu dengan masyarakat yang menimbulkan sebuah eksistensi perubahan sikap terhadap symbol yang didapat individu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam kepada Mahasiswa Sosiologi angkatan 18 UIN SGD Bandung. Teknik analisis yang digunakannya berangkat dari data lapangan kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi konsep diri mahasiswa sosiologi angkatan 18 dalam mengguanakan tiktok pertama tiktok sebagai ajang promosi fashion and beauty yang nantinya akan menimbulkan sebuah symbol ketertarikan berdasarkan endorsement yang mengiklankan di tiktok, kedua tiktok dijadikan media edukasi alternatif pembelajaran, dan yang ketiga sebagai media healing atau hiburan. Eksistensi diri disini menimbulkan adanya perubahan sikap pada mahasiswa sosiologi angkatan 18 yaitu sikap percaya diri di publik, sikap inpormatif dan lupa waktu serta sikap lebih konsumtif dan menghasilkan rezeki bagi yang kreator tiktok sudah mencapai follower banyak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: TikTok; Persepsi; Konsep dir; Mahasiswa Sosiologi 18;
Subjects: Change
Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ai Rida Himatul Aliah
Date Deposited: 13 May 2022 03:07
Last Modified: 13 May 2022 03:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50967

Actions (login required)

View Item View Item