Peran tokoh masyarakat dalam menyelesaikan konflik sosial : Penelitian di Dusun Cipancur Desa Kalapadua Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka

Halimatussadiah, Ulfah (2022) Peran tokoh masyarakat dalam menyelesaikan konflik sosial : Penelitian di Dusun Cipancur Desa Kalapadua Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya konflik di Dusun Cipancur Desa Kalapadua Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka. Konflik ini melibatkan Kepala Desa Kalapadua dengan Lurah Dusun Cipancur. Dalam permasalahan suatu konflik perlu adanya manajemen konflik, dan dalam manajemen konflik perlu adanya kelompok atau individu yang memiliki peran dan pengaruh terhadap kestabilan kehidupan bermasyarakat yang disebut dengan tokoh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya konflik antara Kepala Desa Kalapadua dengan Lurah Dusun Cipancur, dampak dari adanya konflik terhadap warga Dusun Cipancur, dan peran tokoh masyarakat dalam menyelesaikan konflik antara Kepala Desa Kalapadua dengan Lurah Dusun Cipancur sehingga menciptakan perdamaian. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori fungsional konflik dari Lewis A. Coser, dimana Coser memusatkan perhatiannya kepada fungsi-fungsi konflik yang membawa penyesuaian sosial ke arah yang lebih baik dibandingkan dengan menyoroti disfungsi dari konflik. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan bersama tokoh masyarakat yakni ketua RT, RW, Lurah, tokoh agama, sesepuh, ketua pemuda, dan warga Dusun Cipancur. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tokoh masyarakat memiliki peranan penting dalam menyelesaikan konflik tentang kasus Kepala Desa Kalapadua dengan Lurah Dusun Cipancur, terkait masalah insentif dan tindakan penurunan jabatan Lurah yang tidak sesuai dengan peraturan pemerintahan. Konflik terselesaikan atas peran tokoh masyarakat melalui musyawarah dari kedua belah pihak di Dusun Cipancur Desa Kalapadua Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Tokoh Masyarakat; Konflik Sosial. Peran; Tokoh Masyarakat; Konflik Sosial.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Process > Conflict Social
Social Groups > Social Classes
Social Groups > Occupational Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ulfah Halimatussadiah
Date Deposited: 12 May 2022 02:08
Last Modified: 12 May 2022 02:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50965

Actions (login required)

View Item View Item