Pemberitaan presiden tiga periode di Media Grup Tempo: Analisis framing pada Media Daring Tempo (Tempo.co), Majalah Tempo, dan Koran Harian Tempo, pada Berita Utama, edisi Maret-Agustus 2021

Nuraeni, Reni (2022) Pemberitaan presiden tiga periode di Media Grup Tempo: Analisis framing pada Media Daring Tempo (Tempo.co), Majalah Tempo, dan Koran Harian Tempo, pada Berita Utama, edisi Maret-Agustus 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Reni Nuraeni, Pemberitaan presiden tiga periode di media Grup Tempo (Analisis framing pada media Daring Tempo (Tempo.co), Majalah Tempo, dan Koran Harian Tempo, pada Berita Utama, Edisi Maret-Agustus 2021). Pembingkaian (framing) media merupakan metode konstruksi media terhadap suatu fenomena sebagai sikap dan cermin dari media itu sendiri. Isu wacana perubahan masa jabatan presiden kembali mencuat pada 13 Maret 2021 dan menjadi sorotan khalayak bahwa ada skenario presiden tiga periode. Media Grup Tempo yang dikenal sebagai media kritis dan berani mengkritik pemerintah membingkai isu presiden tiga periode melalui tiga media yakni Daring Tempo (Tempo.co), Majalah Tempo, dan Koran Harian Tempo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana framing dari media Grup Tempo terhadap pemberitaan “Presiden tiga periode” melalui Analisis framing model Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki pada empat struktur besar penelitian yakni struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris. Selain itu, metode wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi tambahan pada penelitian. Peneliti memilih metode analisis framing media model Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki berdasarkan dua konsepsi dari framing yang saling berkaitan, yakni konsepsi psikologis dan sosiologis untuk melihat berita diproduksi dan dikonstruksi oleh media dan wartawan. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan metode analisis framing model Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki. Penelitian dilakukan untuk menganalisis isi berita di media Daring Tempo (Tempo.co), Majalah Tempo, dan Koran Harian Tempo sebagai instrumen penelitian. Metode wawancara dilakukan untuk memperoleh data tambahan pada penelitian dari informan Redaksi Majalah Tempo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Daring Tempo (Tempo.co) menyanggah dan menolak isu wacana perubahan masa jabatan presiden tiga periode melalui isi berita pada sanggahan wacana yang dilontarkan Amien Rais sekaligus penolakan berdasarkan pernyataan Presiden Joko Widodo. Majalah Tempo berdasarkan isi pemberitaan dan keterangan narasumber yang ditampilkan menolak dan kontra pada perubahan tiga periode ini. Penolakan dilontarkan juga oleh wartawan Tempo yang menyatakan perubahan masa jabatan membuka celah penghapusan masa jabatan Presiden. Koran Harian Tempo menolak perubahan masa jabatan presiden pada data yang disajikan mengenai bahaya dan efek negatif jika masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Media Grup Tempo menolak atau kontra terhadap wacana perubahan masa jabatan tiga periode. Namun pada ketiga media yang diteliti, yang membedakan satu sama lain yakni dari pengemasan dan penyajian berita yang dipublikasikan kepada khalayak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing; Presiden Tiga Periode; Berita Utama; Tempo.co; Majalah Tempo; Koran Harian Tempo;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Political Process > Practical Politics
Political Process > Campaigns and Parties in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Reni Nuraeni
Date Deposited: 12 May 2022 02:16
Last Modified: 12 May 2022 02:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50963

Actions (login required)

View Item View Item