Analisis keterampilan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kepribadian Keirsey: Penelitian di SMAN 1 Rancaekek

Anggorowati, Wening (2022) Analisis keterampilan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kepribadian Keirsey: Penelitian di SMAN 1 Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif merupakan bagian dari proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Dalam menyelesaikan masalah matematika, siswa memiliki proses berpikir yang berbeda-beda sesuai dengan kepribadiannya, sehingga perlunya model pembelajaran yang sesuai untuk setiap tipe kebripadian. Salah satu tipe kepribadian yang dapat digunakan untuk meninjau keterampilan berpikir kreatif siswa adalah tipe kepribadian Keirsey. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe kepribadian siswa berdasarkan hasil tes kepribadian Keirsey dan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan tipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist dalam menyelesaikan masalah matematika. Dalam penelitian ini, subjek yang diambil yaitu siswa kelas X MIPA 1 pada salah satu SMA di Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek dengan tipe kepribadian guardian menjadi mayoritas di kelas dan siswa dengan tipe kepribadian idealist menjadi minoritas. Kemudian berdasarkan hasil analisis, siswa dengan tipe kepribadian guardian memenuhi indikator kelancaran, kebaruan, dan keterincian; artisan memenuhi indikator kelancaran dan kebaruan; idealist memenuhi indikator kelancaran dan kebaruan; dan rational memenuhi seluruh indikator keterampilan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, kebaruan dan keterincian. Dengan mengetahui tipe kepribadian siswa, diharapkan dapat menjadi referensi dalam metode mengajar agar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Keterampilan; Berpikir Kreatif; Persamaan Pertidaksamaan Nilai Mutlak; Tipe Kepribadian
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Education
Mathematics
Algebra > Algebra Combined with Other Brances
Analysis, Theory of Functions
Analysis, Theory of Functions > Differential Calculus and Equations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Wening Anggorowati
Date Deposited: 12 May 2022 04:39
Last Modified: 12 May 2022 04:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50955

Actions (login required)

View Item View Item