Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbasis media Quizizz terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih:Penelitian Quasi Eksperiment terhadap siswa Kelas xi MAN 1 Kota Sukabumi

Maulana, Adam (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbasis media Quizizz terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fikih:Penelitian Quasi Eksperiment terhadap siswa Kelas xi MAN 1 Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu penyebab yang menjadi rendahnya hasil belajar kognitif siswa adalah kurang kurang berkembangnya cara guru untuk menyampaikan bahan materi ajarnya kepada siswa sehingga siswa merasa monoton dan kurang menyerap materi belajar sehingga tidak tercapainya apa yang menjadi tujuan belajar. Maka dari itu perlu adanya suatu alternatif dalam proses penerapan pembelajaran. Salah satu alternatif yang efektif adalah penerapan model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Acheavement Division (STAD). Maka tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kelas XI IPS pembelajaran Fikih materi Pernikahan di MAN 1 Kota Sukabumi tahun pelajaran 2021/2022 dengan penerapan model pembelajaran STAD pada kelas eksperimen dan dengan pembelajaran konvensional ceramah pada kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini berlangsung pada siswa/populasi kelas XI IPS MAN 1 Kota Sukabumi. Jumlah sampel sebanyak 70 siswa masing-masing terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah kelompok sebanyak 35 siswa.dalam penelitian yang dilaksanakan menggunakan teknik pengumpulan data dalm bentuk tes. Sebelum memulai tes, dimulai uji validitas soal terlebuh dahulu,maka soal menempuh jalur validitas dengan tahap awal diuji menggunakan pendapat para ahli,uji coba soal dan hasilnya dihitung dengan menggunakan program SPSS dalam menu correlate lalu pilih bivariat .Hasil dari validitas soal,lima dari dua puluh soal yaitu nomor 4,5,2, 12,15 dan 16 dinyatakan tidak valid karena nilai signifikansi nya lebih besar dari dari 0,05 sedangkan pearson correlation nya kurang dari 0,05 sehingga soal dengan nomor diatas tidak dikatakan valid. soal selanjutnya menempun uji Reliabilitas yang di hitung dengan menggunakan program SPSS dalam menu Scale lalu pilih menu Relliability Analysis. Teknik analisis dalam penelitian ini perhitungan nya menggunakan bantuan diantaranya uji normalitas dengan signifikansinya lebih besar dari nilai 0,05 dan data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya uji realibilitas,hasil perhitungan nya dengan bantuas SPSS menghasilkan nilai 0,778 > 0,05 untuk pretest dengan intrepertasi 0,588 > 0,05 dan intrepertasinya homogen. Untuk uji hipotesis dengan perhitungan nya menggunakan program SPSS pada menu Explore serta pengujian uji beda (uji t) memilih menu Paired Sample T Test. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar kognitif yang signifikan setelah penerapan model pemberlajaran STAD (kelas eksperimen). Hal telah dibuktikan oleh hasil perhitungan uji t dengan hasil sig 2 taled 0,000 (0,000 < 0,05) sehingga hipotesis diterima. Maka dari itu, penerapan model pembelajaran STAD dapat memberikan pengaruh peningkatan yang baik terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar kognitif;kooperatif tipe STAD;Model pembelajaran
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adam Maulana
Date Deposited: 12 May 2022 07:04
Last Modified: 12 May 2022 07:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50943

Actions (login required)

View Item View Item