Pesan dakwah berbakti kepada orang tua di serial web WeTV Original : Analisis semiotika pada serial web Yowis Ben The Series Season 1

Saputra, Aji (2022) Pesan dakwah berbakti kepada orang tua di serial web WeTV Original : Analisis semiotika pada serial web Yowis Ben The Series Season 1. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Serial web sama halnya dengan film, ia merupakan media dakwah yang penting. Kemunculannya sering menjadi media komunikasi yang ampuh terhadap khalayak ramai, karena sifatnya yang mendalam, mudah dicerna dari bentuk audio dan visual yang dapat menghidupkan suasana dan kejadian seperti halnya nyata. Yowis Ben The Series diproduseri langsung oleh Chand Parwes Servia yang merupakan pendiri rumah produksi Kharisma Starvision Plus. Kisah ini juga dinaikan karena adanya dinamika sosial yang terdiri dari trend di kalangan remaja. Selain menceritakan tentang kehidupan remaja, perilaku berbakti kepada orang tua dan toleransi antar budaya serta agama pun ditampilkan dalam serial web tersebut. Adapun tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pesan-pesan dakwah berdasarkan makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terkait di dalam serial web “Yowis Ben The Series”. Hal ini sesuai dengan teori semiotika yang dibawa oleh Roland Barthes sebagai fokus penelitian. Roland Barthes menjadi tokoh yang begitu identik dengan kajian semiotik. Pemikiran semiotik beliau bisa dikatakan paling banyak digunakan dalam penelitian. Konsep pemikiran Barthes terhadap semiotik terkenal dengan konsep mythologies atau mitos. Konsep pemikiran Barthes yang operasional ini dikenal dengan tatanan pertandaan (Order of Signification). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode semiotika Roland Barthes. Pemilihan teori semiotika sebagai penjelasan deskriptif pada penelitian serial web “Yowis Ben The Series” ini dikarenakan adegan pada serial web tersebut tidak berdakwah secara langsung seperti pada umumnya. Namun, di serial web tersebut kerap kali tersirat tanda-tanda pesan dakwah baik secara eksplisit maupun implisit. Hasil penelitian menunjukkan beberapa pesan dakwah yang terkandung dalam serial web “Yowis Ben The Series”. Series ini sarat akan pesan dakwah mengenai ajaran Islam dalam bidang Syariah dan Akhlak, Syariah dalam Islam berhubungan erat dengan amal lahir secara nyata dalam rangka mentaati semua peraturan atau hukum Allah guna mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhannya dan mengatur pergaulan hidup antara sesama manusia. Kemudian, Akhlak dalam Islam berhubungan dengan sistem yang mengatur tindakan dan pola sikap manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari diantaranya: berbakti kepada orang tua, mengingatkan kepada kebaikan, perintah menunaikan shalat, larangan berpacaran atau mendekati zina, memaafkan kesalahan orang lain, tolong menolong sesama muslim, muhasabah, jangan percaya takhayul (syirik), toleransi umat beragama, bersyukur, pentingnya menuntut ilmu, dan sifat jujur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Yowis Ben The Series;Pesan Dakwah;Analisis Semiotika;WeTV
Subjects: Islam > Da'wah
Islam Umum
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aji Saputra
Date Deposited: 11 May 2022 04:38
Last Modified: 11 May 2022 04:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50905

Actions (login required)

View Item View Item