Persepsi ekonomi masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi : Penelitian terhadap perpindahan ojek konvensional ke ojek online di Ujung Berung Kota Bandung

Maulana, Hasan Fajar (2021) Persepsi ekonomi masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi : Penelitian terhadap perpindahan ojek konvensional ke ojek online di Ujung Berung Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

Ojek Online merupakan profesi yang muncul karena dilatar belakangi oleh kemajuan pesat pada teknologi komunikasi dan informasi sehingga profesi tersebut lebih maju karena terintegrasi oleh teknologi sehingga lebih memudahkan driver dalam mencari pelanggan, dan sebaliknya, kebutuhan akan sarana transportasi yang dibutuhkan pelanggan lebih terpenuhi karena memiliki kelebihan yaitu praktis karena cukup dengan menggunakan aplikasi pada smartphone. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui persepsi masyarakat khususnya dalam segi ekonomi terhadap teknologi informasi pada profesi dan juga layanan ojek online. Kedua, untuk mengetahui unsur apa saja yang mendukung kemunculan dan beroperasinya profesi ojek online. Ketiga, untuk mengetahui kendala yang menghambat masyarakat dalam menjalankan ataupun memakai layanan jasa profesi ojek online. Penelitian ini menggunakan Teori Masyarakat Informasi Manuel Castells yang landasannya bahwa kemajuan teknologi komunikasi dan informasi telah melahirkan tatanan perekonomian yang baru bagi suatu peradaban atau negara. Dan ditambah Teori Perubahan Sosial yang landasannya bahwa terdapat penemuan baru dalam masyarakat sehingga terjadi perubahan pada tatanan sosial ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mana data-datanya diperoleh melalui pengumpulan data primer para informan yaitu para driver ojek online, dan juga dilengkapi dengan data-data sekunder yang diperoleh dari referensi seperti artikel, jurnal dan juga buku-buku yang berhubungan dengan tema penelitian. Dan juga analisis data dengan cara memilah data kemudian dimasukan pada kategori-kategori yang telah ditetapkan, sampai pada membuat kesimpulan agar dapat dipahami oleh diri sendiri maupun orang lain. Hasil penelitian ini adalah, persepsi masyarakat terhadap teknologi informasi pada profesi ojek online terbilang sangat baik karena hadirnya profesi ojek online membantu penyerapan tenaga kerja dan juga memenuhi kepuasan masyarakat akan kebutuhan sarana transportasi yang cepat dan juga layanan yang baik serta tarif yang terukur. Hal tersebut besar dipengaruhi oleh hadirnya kemajuan dalam bidang teknologi informasi sehingga munculah spesialisasi pekerjaan baru yaitu Ojek Online karena didukung oleh adanya prinsip Ekonomi Kreatif dan juga Konsep Ride Sharing. Adapun kendala yang menghambat yaitu kebijakan ojek pangkalan yang belum bisa menerima keberadaan ojek online sehingga melarangnya untuk beroperasi di wilayah mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Ekonomi; Teknologi Informasi; Ojek Online
Subjects: Social Process
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Hasan Fajar Maulana
Date Deposited: 11 May 2022 01:22
Last Modified: 11 May 2022 01:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50888

Actions (login required)

View Item View Item