Meta-analisis efektivitas model pembelajaran Cooperative Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Biologi di SMA/MA

Srimulya, Rina (2022) Meta-analisis efektivitas model pembelajaran Cooperative Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Biologi di SMA/MA. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya hasil belajar kognitif siswa di jenjang SMA/MA, berdasarkan kurikulum 2013 yang menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dan peminatan penelitian pada tema cooperative learning di lingkungan mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menuntut untuk dilakukannya meta-analisis terkait cooperative learning, Penelitian dilakukan untuk mendeskripsiskan efektivitas model pembelajaran cooperative learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi biologi di SMA. Penelitian merupakan meta-analisis dengan menggunakan pendekatan embedded design dengan menganalisis hasil-hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan cooperative learning terhadap hasil belajar kognitif pada materi biologi. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran cooperative learning untuk memberikan ruang kepada siswa bekerja sama saling membantu, mengkontruksi konsep dan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Sampel yang dianalisis adalah 13 skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung rentang tahun 2013-2021. Berdasarkan analisis nilai effect size secara keseluruhan didapkan nilai rata-rata effect size 1,45 yang termasuk kategori efek sangat besar. Temuan analisis menunjukan bahwa model pembelajaran cooperative learning memberikan pengaruh positif dan efektif dilihat dari segi tipe model, media dan materi yang dipelajar. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran cooperative learning sangat efektif terhadap meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Hasil Belajar; Meta-analisis;
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rina Srimulya
Date Deposited: 11 May 2022 02:55
Last Modified: 11 May 2022 02:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50885

Actions (login required)

View Item View Item