Konsep Mahabbatullah dalam Al-Qur'an: Studi komparatif tafsir Al-Azhar dan Tafsir Kementerian Agama RI

Hasanah, Nurul (2021) Konsep Mahabbatullah dalam Al-Qur'an: Studi komparatif tafsir Al-Azhar dan Tafsir Kementerian Agama RI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Manusia merupakan makhluk psikologis yang memiliki rasa cinta (mahabbah) sebagai fitrah nya. Rasa cinta ini dimiliki oleh setiap lapisan manusia baik itu yang muda hingga tua, walaupun tidak bisa disamakan antara cinta satu dengan yang lainnya. Perkembangan yang begitu cepat, teknologi yang semakin canggih, berbagai kemajuan dan kemudahan yang diciptakan cenderung mengabaikan nilai-nilai agama yang telah mapan, salah satu dari nilai agama adalah bagaimana mencintai sang pencipta yang telah memberikan segalanya dalam hidup ini, serta bagaimana mewujudkan cinta antar sesama manusia dan saling tolong menolong dalam kehidupan. Dianggap penting mengembalikan kembali nilai-nilai Mahabbatulllah pada dasar kecintaan terhadap cinta kepada selain-Nya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Mahabbatullah mulai dari; definisi, hakikat, dan ruang lingkup dari Mahabbatullah menurut Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Kementerian Agama RI. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan menggunakan metode komparatif. Metode komparatif atau dikenal juga dengan metode Tafsir Al-Muqaran, yaitu mencari perbandingan antara tafsir Al-Azhar dengan tafsir Kementerian Agama RI mengenai Konsep Mahabbatullah yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa yang dimaksud dengan konsep Mahabbatullah yang ada dalam Tafsir Al-Azhar dan Tafsir Kementerian Agama RI adalah Mahabbatullah merupakan dasar pegangan manusia untuk mencapai kasih sayang Allah agar mendapatkan hidup yang ada dalam penjagaan dan hatinya terpaut untuk terus berbuat kebaikan. Mereka adalah orang-orang yang beriman yang kecintaan nya sangat besar terhadap Allah, dengan dasar kecintaan nya mereka mereka rela memberikan harta yang di cintainya di jalan Allah, bertakwa kepada Allah dengan meenjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya, mengikuti dan mengimani Rasululllah dengan menjalankan sunahnya, mereka yang berbuat adil, sabar, tawakal, bertobat dan menyucikan diri dari segala bentuk yang dapat merusak kesucian dirinya (lahir dan batin), serta mereka yang bersedia berjihad di jalan Allah. Dengan berbagai indikasi yang mereka miliki adalah yang benar keimanannya dan mereka lah yang berhak mendapat karunia terindah-Nya yaitu cinta (Mahabbatullah). Sedangkan mereka yang tetap dengan kekafiran kepada Allah, dengan mengedepankan cintanya kepada selain Allah, tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan, membuat kerusakan di muka bumi, sombong, membanggakan diri, melampaui batas, berlebih-lebihan, berkata buruk, berkhianat, serta berbuat kedzaliman, maka mereka yang akan tertutup dari cinta-Nya karena perbuatan mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tafsir;Mahabbatullah;Al-Azhar;Kemenag RI
Subjects: Islam > Sufism
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nurul Hasanah Komarudin
Date Deposited: 11 May 2022 02:45
Last Modified: 11 May 2022 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50881

Actions (login required)

View Item View Item