Efektivitas Coping Religius melalui doa pada ibu rumah tangga dalam mengatasi stres di era pandemi Covid-19 : Studi kuantitatif kepada ibu-ibu majelis Ta’lim Mesjid Al-Ikhlas Komplek Baleendah Permai 3 Kelurahan Baleendah Kecamatan Baleendah

Arliani, Vira Septia (2021) Efektivitas Coping Religius melalui doa pada ibu rumah tangga dalam mengatasi stres di era pandemi Covid-19 : Studi kuantitatif kepada ibu-ibu majelis Ta’lim Mesjid Al-Ikhlas Komplek Baleendah Permai 3 Kelurahan Baleendah Kecamatan Baleendah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Kehadiran Covid-19 membawa banyak perubahan di dalam kehidupan setiap manusia. Perubahan yang mengharuskan setiap individu untuk menerapkan penyesuaian baru terhadap dirinya dan kebiasaan dalam keseharian. Peneliti tertarik untuk membahas mengenai stres yang dialami oleh ibu rumah tangga selama pandemi sebab peran ibu rumah tangga yang bertambah karena adanya pandemi covid-19. Peran ganda seorang ibu, selain dari mengurus pekerjaan rumah juga mendapat tugas baru sebagai pengganti guru sekolah anaknya di rumah, juga keadaan ekonomi yang menurun akibat pandemi dan faktor lainnya yang menimbulkan stres pada ibu rumah tangga. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran stres yang di alami ibu rumah tangga saat pandemi, mengetahui metode Coping Religius melalui doa bisa digunakan dalam mengatasi stres pada ibu rumah tangga, dan mengetahui efektivitas dari Coping Religius melalui doa dalam mengatasi stres pada ibu rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan dua variabel, yakni Coping Religius melalui doa (X) dan stres ibu rumah tangga di era pandemi (Y). Dengan teknik analisis data menggunakan uji efektivitas. Berdasarkan data kuantitatif, bahwa hasil uji efektivitas berada pada nilai sebesar 98%, nilai tersebut menunjukkan bahwa hipotesis 1 (H1) dapat diterima. Dan hipotesis alternatif (H0) di tolak. Artinya Coping Religius melalui doa dikatakan efektif dalam mengatasi stres ibu rumah tangga di era pandemi covid-19. Artinya Coping Religius melalui doa dikatakan efektif dalam mengatasi stres ibu rumah tangga di era pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Coping Religius; Stres Ibu Rumah Tangga; Covid-19
Subjects: Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Vira Septia Arliani
Date Deposited: 13 May 2022 04:07
Last Modified: 13 May 2022 04:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50850

Actions (login required)

View Item View Item