Strategi bertahan hidup para pelaku pariwisata di tengah pandemi Covid-19 : Studi kasus di kawasan Punclut, Desa Pageurwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Supriadi, Dinda (2022) Strategi bertahan hidup para pelaku pariwisata di tengah pandemi Covid-19 : Studi kasus di kawasan Punclut, Desa Pageurwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa, kawasan Punclut merupakan kawasan yang sangat terkenal dengan tempat pariwisatanya. Semenjak adanya Pandemi COVID-19, pemerintah menerapkan aturan seperti penutupan tempat pariwisata untuk sementara, pengurangan jam oprasional, dan pengurangan jumlah pengunjung, tidak tekecuali di kawasan Punclut ini. Hal ini menyebabkan Penurunan penghasilan usaha dan juga berdampak kepada pengurangan jumlah pegawai. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi sebelum dan selama adanya pandemi COVID-19, bagaimana strategi para pelaku usaha pariwisata untuk menghadapi kondisi tersebut, apa hal yang dilakukan oleh para pelaku usaha pariwisata di kawasan tersebut untuk bertahan hidup di masa Pandemi COVID-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Strategi bertahan hidup (Life Survival Strategy) oleh Snel dan Starring juga ada Teori Srategi Coping, merupakan upaya pengelolaan untuk menyelesaikan masalah kehidupan seseorang, Aksi dan Teori AGIL oleh Talcot Parsons. Kedua Teori tersebut berkaitan, dimana Teori Aksi membahas tentang individu dapat menentukan sendiri barang atau sesuatu yang bermakna bagi dirinya. Dapat mencapai tujuan tertentu, dan ada dibawah kendali dari nilai, norma dan berbagai ide abstrak yang mempengaruhinya dalam memilih dan menentukan, serta tindakan alternatif. Lalu ada Teori AGIL yang memberlakukan skema: Adaptasi, Goal Attempment (tujuan), Integrasi dan Latency (pemeliharaan pola). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk menggambarkan hasil penelitian, selain itu sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu Para pelaku usaha pariwisata di kawasan Punclut dan data sekunder yang didapatkan dari beberapa sumber yang berhubungan dengan penelitian. Adapun jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Selain itu, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi literatur yang selanjutnya dianalisis sesuai dengan data lapangan sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, bahwa para pelaku usaha pariwisata punclut sebelum terjadinya pandemi mereka mampu mengelola usahanya dengan baik sehinnga dapat memenuhi kebutuhan hidup juga dikunjungi oleh banyak pengunjung, namun setelah adanya Pandemi COVID-19 ini diketahui bahwa dampak ekonomi sangat merugikan dikarenakan berkurangnya jam operasinal dan pengunjung yang datang membuat mereka kesulitan menutupi modal usaha untuk memenuhi kebutuhan tempat wisata tersebut. Sementara dampak sosial berupa bekurangnya interaksi antara penjual dengan pembeli dikarenakan adanya penerapan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelaku usaha pariwisata; strategi bertahan hidup; COVID-19
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Dinda Artiawati Supriadi
Date Deposited: 10 May 2022 01:33
Last Modified: 10 May 2022 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50816

Actions (login required)

View Item View Item