Integrasi pendidikan seks dalam pembelajaran Agama Islam untuk mencegah perilaku seksual pra nikah : Penelitian di SMAN 1, SMAN 7 dan SMAN 8 Kota Cirebon

Maryati, Sri (2022) Integrasi pendidikan seks dalam pembelajaran Agama Islam untuk mencegah perilaku seksual pra nikah : Penelitian di SMAN 1, SMAN 7 dan SMAN 8 Kota Cirebon. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh akibat arus globalisasi dan westernisasi, yang semakin mudah pula seseorang tidak terkecuali remaja dalam mengakses informasi, salah satunya adalah informasi mengenai seks. Akibatnya banyak remaja yang melakukan perilaku seksual seperti hubungan seks pra-nikah ataupun kejahatan-kejahatan seksual yang dilakukan oleh remaja. Hal ini dikarenakan minimnya pemahaman mengenai seks yang benar dan pendidikan moral di kalangan remaja, sehingga mereka mudah terbawa arus globalisasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengidentifikasi: 1) Materi integrasi pendidikan seks pada Pembelajaran Agama Islam 2) Implementasi integrasi pendidikan seks pada Pembelajaran Agama Islam 3) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan seks pada Pembelajaran Agama Islam 4) Evaluasi integrasi pendidikan seks pada Pembelajaran Agama Islam 5) Keberhasilan integrasi pendidikan seks dalam Pembelajaran Agama Islam untuk mencegah perilaku seksual pra nikah pada siswa di SMAN 1, SMAN 7 dan SMAN 8 Kota Cirebon. Kerangka berpikir dalam penelitian ini mengacu pada pendapatnya Abdullah Nasihih Ulwan, bahwa pendidikan seks itu adalah upaya pemberian pelajaran mengenai seks, naluri, dan perkawinan, dengan tujuan anak-anak mampu menerapkan pelajaran tersebut sebagai perilaku yang Islami sesuai akhlak dan etika, serta tidak terjerumus dalam kejahatan-kejahatan syahwat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan didukung data observasi dan dokumentasi. Analisis data memakai langkah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Materi integrasi pendidikan seks pada Pembelajaran Agama Islam di tiga sekolah ini ada pada tema thaharah , jauhi dosa besar dan munakahat 2) Implementasinya mengacu pada PERDA Kota Cirebon Nomor 3 Tahun 2015 dan Visi Misi sekolah serta program pembiasaan di sekolah sehingga dapat mencegah perilaku seks 3) Faktor pendukung; kompetensi pendidik yang sudah bersertifikat pendidik, sarana prasarana cukup baik, latarbelakang keagamaan guru cukup baik, serta media pembelajaran dan gedung cukup lengkap. Faktor penghambatnya sumber daya manusia pendidik terhadap rombel tidak seimbang, keterbatasan keterampilan pendidik dalam menggali nilai yang ada pada peserta didik belum maksimal, keterampilan siswa dalam berpendapat belum semuanya terungkap. 4) Evaluasi menggunakan tes dan non tes 5) Keberhasilan terlihat secara langsung dan tidak langsung melalui respon kognitif, respon afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Integrasi; Pendidikan Seks; Pembelajaran Agama Islam; Mencegah Perilaku Seksual Pra Nikah
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 10 May 2022 04:14
Last Modified: 10 May 2022 04:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50801

Actions (login required)

View Item View Item