Desain didaktis pada materi usaha dan energi berdasarkan profil hambatan belajar pemahaman konsep berbasis analisis tes kemampuan hasil belajar peserta didik: Penelitian di Kelas XI MIA MA Sirna Miskin Bandung

Kusman, Andri (2022) Desain didaktis pada materi usaha dan energi berdasarkan profil hambatan belajar pemahaman konsep berbasis analisis tes kemampuan hasil belajar peserta didik: Penelitian di Kelas XI MIA MA Sirna Miskin Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-Cover.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-Daftar isi.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-Bab I.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik pada saat proses pembelajaran mungkin mengalami hambatan belajar, untuk mengurangi hambatan belajar tersebut, maka pendidik harus membuat suatu desain didaktis yang dapat mengantisipasi munculnya hambatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil hambatan belajar pemahaman konsep peserta didik dan implementasi desain didaktis pada konsep usaha dan energi berdasarkan profil hambatan yang dialami peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kualtitatif, dimana peneliti mengidentifikasi dan mendeskripsikan setiap hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami peserta didik. Penggunaan metode pada penelitian ini mengunakan Didactical Design Research (DDR). Penelitian dilaksanakan di kelas XI MA Sirna Miskin dengan sampel 21 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran desain didaktis yang diterapkan sangat baik dengan persentase rata-rata guru sebesar 91,5% dan peserta didik 81%. Berdasarkan hasil uji Tes Kemampuan Responden (TKR) diperoleh penurunan hambatan belajar, pada konsep usaha TKR awal menunjukkan hambatan belajar 82,1% menjadi 45,2% pada pertemuan pertama dan 20,2% pada pertemuan kedua, pada konsep Energi Kinetik TKR awal menunjukkan hambatan belajar 74,6% menjadi 44,4% pada pertemuan pertama dan 20,6% pada pertemuan kedua, pada konsep energi potensial TKR awal menunjukkan hambatan belajar 79,3% menjadi 50,7% pada pertemuan pertama dan 24,5% pada pertemuan kedua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Didactical Design Research (DDR); Hambatan Belajar (learning obstacle); Usaha dan Energi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Andri Kusman
Date Deposited: 09 May 2022 06:47
Last Modified: 09 May 2022 06:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50784

Actions (login required)

View Item View Item