Efektivitas pembelajaran Google Meet berbantuan aplikasi Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa

Lisnawati, Nina (2022) Efektivitas pembelajaran Google Meet berbantuan aplikasi Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep sangat penting ditanamkan pada siswa, karena kemampuan memahami konsep menjadi dasar bagi siswa untuk berpikir dan memecahkan masalah dengan benar dan tepat. Siswa mengalami kesulitan dalam mempelajarai dan memahami konsep matematika, terutama ketika materi diubah menjadi masalah yang berbeda. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa adalah menggunakan pembelajaran google meet berbantuan aplikasi geogebra. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, efektivitas pembelajaran google meet berbantuan aplikasi geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran google meet berbantuan Aplikasi Geogebra. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sehingga sampel yang terpilih yaitu kelas XI MIA 3 dan XI MIA5. XI MIA 3 menggunakan pembelajaran google meet tanpa bantuan aplikasi geogebra (kelas konvensional), sedangkan XI MIA 5 menggunakan pembelajaran google meet berbantuan aplikasi geogebra (kelas eksperimen). Instrumen yang digunakan yaitu tes PAM, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, dan lembar skala sikap. Temuan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran google meet berbantuan Aplikasi Geogebra dan konvensional; (b) tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran google meet berbantuan Aplikasi Geogebra dan konvensional berdasarkan tingkat PAM; (c) pembelajaran google meet berbantuan aplikasi geogebra efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa ;(d) dan pada umumnya siswa memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran google meet berbantuan Aplikasi Geogebra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Google Meet; Aplikasi Geogebra; Pemahaman Konsep Matematis;
Subjects: Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Algebra > Algebra Combined with Other Brances
Analysis, Theory of Functions > Integral Calculus and Integral Equations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nina Lisnawati
Date Deposited: 09 May 2022 02:48
Last Modified: 09 May 2022 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50726

Actions (login required)

View Item View Item