Penerapan Klkaidah Tikrar dalam Juz 30 : Studi komparatif kitab Al-Munir karya Wahbah Al-Zuhaili dan kitab Al-Misbah karya Quraish Shihab

Rahmaputri, Syafira Maulida (2022) Penerapan Klkaidah Tikrar dalam Juz 30 : Studi komparatif kitab Al-Munir karya Wahbah Al-Zuhaili dan kitab Al-Misbah karya Quraish Shihab. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

Tikra>r merupakan pengulangan ayat-ayat atau berupa redaksi kalimat yang berulang-ulang atau lebih di dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an terdiri dari 30 juz, salah satunya adalah juz 30 dimana dalam juz 30 terdapat pengulangan sebanyak 5 kali dalam di juz 30 yang telah ditemukan, pengulangan tersebut menimbulkan penafsiran yang beragam, termasuk penafsiran dari Wahbah al-Zuhaili dalam kitab tafsir al-Munir dan penafsiran Quraish Shihab dalam kitab tafsir al-Misbah. Maka dari itu penulis akan memaparkan mengenai penerapan kaidah tikrar dalam juz 30 menurut penafsiran Wahbah al-Zuhaili dalam kitab al-Munir dan penafsiran Quarish Shihab dalam kitab al-Misbah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kaidah tikra>r dalam juz 30 serta makna tersembunyi dalam ayat yang berulang, untuk mengetahui penafsiran Wahbah al-Zuhaili dan Quraish Shihab dalam menafsirkan ayat tikra>r dalam juz 30, dan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pada penafsiran ayat-ayat tikra>r dalam juz 30. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskritif. Pengumpulan data menggunakan teknik Library Reseach. Data primer yang digunakan dalam membantu penelitian ini yaitu kitab tafsir al-Munir dan kitab tafsir al-Misbah, dan data sekunder yang digunakan berupa literatur yang berkaitan dengan pembahasan tikrar. Dari penelitian tersebut, ditemukan beberapa kaidah tikra>r pada setiap pengulangan ayat yang ditemukan dalam juz 30, yakni pada Q.S an-Naba[78]: 4-5 yakni termasuk kedalam bentuk kaidah tikra>r yakni menunjukkan keagungan akan hal tersebut, selanjutnya ditemukan pada Q.S al-Insyirah ayat 5-6 dan Q.S al-Fajr 21-22 termasuk kedalam kaidah yang menunjukan hal yang berulang dan berbentuk umum menunjukan hal berbilang, selanjutnya pada Q.S al-Kafirun 3 dan 5, bentuk kaidah yakni tidak adanya perbedaan lafal kecuali adanya perbedaan makna yang terkandung di dalam ayat yang terulang tersebut. Dan terakhir ditemukan pada Q.S al-Infithar[82]: 17-18 dan surat an-Nas merupakan bentuk pengulangan karena banyaknya hal yang ingin disampaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: tikra>r; pengulangan; tafsir; juz 30
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Syafira Maulida Rahmaputri
Date Deposited: 28 Apr 2022 06:54
Last Modified: 28 Apr 2022 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50703

Actions (login required)

View Item View Item