Bimbingan keagamaan pada proses pemulihan pasien gangguan kejiwaan : Penelitian di Yayasan Mentari Hati Panti Sosial ODGJ terlantar Kota Tasikmalaya

Zamiaturrohmah, Zamzam (2022) Bimbingan keagamaan pada proses pemulihan pasien gangguan kejiwaan : Penelitian di Yayasan Mentari Hati Panti Sosial ODGJ terlantar Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya data data yang dapat diambil untuk kelangsungan proses penelitian. Riset ini berlokasikan di Yayasan Mentari Hati Panti sosial ODGJ Terlantar, Jl. Letjen Mashudi No. KM 01 RT 001/RW 001 Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya Jawa Barat. Panti rehabilitasi menempati tanah pemkot Tasikmalaya dengan kapasitas 14 sel/kamar untuk menampung lebih dari 230 pasien dan sarana kesehatan baik fisik maupunmental belum tersedia. Tujuan dari pelaksanaan Penelitian ini ialah untuk mengetahui program bimbingan keagamaan yang ada di yayasan mentari hati panti sosial ODGJ Terlantar Kota Tasikmalaya, proses pelaksanaan bimbingan keagamaan di yayasan mentari hati panti sosial ODGJ Terlantar Kota Tasikmalaya, serta untuk mengetahui hasil yang dicapai dari bimbingan keagamaan pada proses pemulihan pasien gangguan kejiwaan di yayasan mentari hati. Pemikiran teori yang melandasi penelitian ini yakni teori tentang Bimbingan Keagamaan yang dipaparkan oleh Drs. H.M. Arifin, M. Ed. Beliau menjelaskan bahwa bimbingan keagamaan yakni aktivitas yang dilaksanakan oleh beberapa orang dengan tujuan memberi bantuan terhadap orang yang membutuhkan secara rohani dalam melaksanakan kegiatannya sehari hari supaya individu tersebut dapat dengan mudah menanggulangi permasalahannya dengan menumbuhkan kesadaran terhadap Allah SWT. Hingga akhirnya tumbuh dorongan didalam dirinya untuk menggapai kebahagiaan dunia serta akhiratnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deksriptif kualitatif, sedangkan teknik yang diambil dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dengan sampel tiga orang mantan pasien yang mengalami gangguan kejiwaan di Yayasan Mentari hati yang saat ini menjadi pengurus di Yayasan serta pemilik Yayasan sekaligus pembimbing agama. Hasil dari penelitian ini ialah Program Bimbingan keagaaman yang berada di Yayasan Mentari Hati Panti sosial ODGJ Terlantar masih sangat terbatas. Proses pemberian bimbingan keagamaan untuk para pasien yang mengalami gangguan kejiwaan hanyalah kepada pasien yang sudah mempunyai kesadaran yang mana sudah bisa diajak berinteraksi dan berkomunikasi tujuan dari dibangunnya bimbingan keagamaan di Yayasan Mentari Hati Panti sosial ODGJ Terlantar yakni untuk menumbuhkan keimanan serta ketaqwaan didalam diri para pasien gangguan kejiwaan guna menyembuhkan kejiwaan mereka melalui penerapan bimbingan keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Pemulihan Pasien Gangguan Kejiwaan; ODGJ
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zamzam Zamiaturrohmah
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:00
Last Modified: 27 Apr 2022 02:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50665

Actions (login required)

View Item View Item