Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah

Ulfa Fauzia Zahra, Ulfa (2016) Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Seiring kemajuan zaman, dakwah telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, mulai dari jumlah pengikut, metode, dan media yang digunakan oleh para penggerak dakwah itu sendiri. Hal ini tidak terlepas dari zaman yang serba modern ini, dakwah bisa dilakukan dengan berbagai media yang efisien dan mudah. Salah satunya adalah dengan melalui media sosial. Fenomena yang terjadi pada kehidupan masyarakat sehari-sehari dalam penggunaan media sosial khususnya instagram adalah para penggunanya hanya menggunakan instagram sebagai ajang atau sarana untuk mendapatkan pujian dan memamerkan harta atau lain sebagainya melalui foto yang mereka unggah. Sehingga masyarakat khususnya anak muda lebih banyak mendapatkan kemadharatan dibandingkan kemaslahatan dari perkembangan teknologi saat ini. Dalam menghadapi fenomena perkembangan teknologi yang begitu cepat dan sangat dinamis ini, para da’i atau aktifis dakwah harus betul-betul bisa memanfaatkan media sosial, merubah tantangan menjadi suatu peluang dalam melakukan aktifitas dakwahnya. Kebutuhan masyarakat saat ini yang sangat tergantung pada kebutuhan informasi setidaknya bisa menjadi jalan dalam meng-syiarkan hal-hal kebaikan. Setiap da’i atau aktifis dakwah juga seharusnya dapat menciptakan konten-konten yang mengandung unsur syiar. Akun islamiposter ialah salah satu dari beberapa akun instagram yang berisikan konten-konten islami. Namun yang berbeda dari akun islamiposter dibandingkan akun-akun instagram lainnya yaitu akun islamiposter menggunakan desain visual yang menarik. Selain itu, akun islamiposter selalu update dengan tema yang berbeda-beda sehingga para pengikutnya dapat belajar serta memahami Islam secara luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tema pokok dan kategosisasi pesan dalam postingan akun instagram islamiposter dan mengetahui makna pesan dakwah yang terkandung dalam postingan akun instagram islamiposter Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Content Analisys atau “analisis isi”. Karena dengan menggunakan metode tersebut dapat terurai materi pesan dakwah yang selama ini telah disampaikan pada postinganp-postingan yang terdapat dalam akun islamiposter Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: menentukan objek penelitian, menetukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, dan akhirnya mengolah serta menganalisis data. Dari total 200 postingan pada akun instagram islamiposter periode 1 Juni 2016 hingga 30 Juni 2016 diambil sebanyak 20 sampel postingan yang dijadikan sebagai data untuk dianalisis, terdapat pesan dengan kategori aqidah sekitar 4 postingan. Sedangkan pesan dengan kategori ibadah sekitar 8 postingan. Dan pesan dengan kategori akhlak sekitar 8 postingan. Kata Kunci : Dakwah, Pesan, Instagram, Postingan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Media Dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sopia Respiawati
Date Deposited: 19 Dec 2017 04:28
Last Modified: 19 Dec 2017 04:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item