Pengaruh penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini : Quasi eksperimen pada kelompok B RA Himmatul Ummi Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung

Izmi, Khalida (2021) Pengaruh penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak usia dini : Quasi eksperimen pada kelompok B RA Himmatul Ummi Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Penguasaan bahasa Inggris sangat diperlukan bagi setiap orang sehingga sangat penting untuk mengenalkan bahasa Inggris sedini mungkin. Berdasarkan observasi awal, penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B di RA Himmatul Ummi kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung dirasa masih kurang karena masih banyak anak yang belum mengenal kosakata bahasa Inggris dasar meskipun sudah pernah dipelajari sebelumnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar diharapkan menjadi solusi dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris anak pada kelompok B RA Himmatul Ummi kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak melalui metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar (kelas eksperimen); (2) Penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak melalui metode bernyanyi (kelas kontrol); dan (3) perbandingan peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak antara melalui metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar dengan metode bernyanyi di kelompok B RA Himmatul Ummi Margahayu Kabupaten Bandung, Penelitian ini mengacu pada teori kognitif yang dicetuskan oleh Jean Piaget yakni struktur bahasa muncul berdasarkan interaksi terus menerus antara kemampuan kognitif dan rangsangan dari luar. Perkembangan bahasa dipengaruhi oleh kognitif serta peran aktif anak dalam memproses informasi yang diterima dari lingkungan kemudian menyimpulkan makna dan menyusun struktur bahasa yang akan diucapkannya (Usman, 2015). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode quasi eksperimen yang dilakukan selama empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen yang berjumlah 18 orang dan kelas kontrol yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar penilaian unjuk kerja, teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dari hasil penilaian unjuk kerja yang dicapai anak. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 39,7 dan post test sebesar 81,9. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 38,3 dan post test sebesar 77,2. Hasil uji t test pada penelitian ini adalah 26,840 > 2,110. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar secara signifikan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada anak kelompok B RA Himmatul Ummi Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bercerita; Kosakata; Bahasa Inggris; Anak Usia Dini
Subjects: Education, Research
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Khalida Izmi
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:48
Last Modified: 26 Apr 2022 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50623

Actions (login required)

View Item View Item