Perlindungan hukum rahasia dagang pengusaha telur asin varian baru di Kabupaten Brebes bedasarkan Undang-Undang nomor 30 tahun 2000 tentang rahasia dagang

Dahuri, Mulyana Hilman (2021) Perlindungan hukum rahasia dagang pengusaha telur asin varian baru di Kabupaten Brebes bedasarkan Undang-Undang nomor 30 tahun 2000 tentang rahasia dagang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.cover.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menjalankan bisnis tentunya para pengusaha memiliki informasiinformasi rahasia tersendiri yang bisa dijadikan sebagai aset guna memenangkan persaingan dalam bisnisnya. Dan hal tersebut belaku pada bisnis telur asin di Kabupaten Brebes khususnya para pengusaha telur asin yang memiliki produk telur asin varian baru. Untuk melindungi informasi rahasia yang ada tersebut, maka diperlukan peraturan hukum yang mengaturnya. Dalam hukum Hak Kekayaan Intelektual sendiri terkait informasi rahasia ini sering disebut dengan rahasia dagang. Di Indonesia terkait rahasia dagang diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang. Namun sayangnya peraturan undangundang rahasia dagang tersebut kurang efektif, bisa dibuktikan dengan maraknya mencurian, pembajakan, dan peniruan terhadap rahasia dagang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan hukum rahasia dagang pengusaha telur asin varian baru di Brebes sesuai Undang-Undang Rahasia Dagang, kendala yang dihadapi para pengusaha tersebut dalam melindungi rahasia dagangnya, dan upaya yang bisa dilakukan oleh pengusaha tersebut dalam mengatasi kendala-kendala yang ada. Teori-teori hukum yang digunakan diantaranya teori hak milik yang mana rahasia dagang sebagai benda tentunya bisa untuk dimiliki, teori know how membahas apa saja yang termasuk kategori rahasia dagang, dan teori efektivitas hukum untuk menunjukan apakah undang-undang rahasia dagamg yang ada telah efektif atau belum. Dan untuk pendekatan penelitiannya dalam skripsi ini bersifat yuridis empiris yaitu pendekatan yang menitikberatkan pada identifikasi hukum dan efektivitas hukum dalam masyarakat. Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini bersifat deskriptif analisis, yang mendeskripsikan bagaimana perlindungan hukum rahasia dagang kepada para pengusaha telur asin varian baru di Brebes melalui data-data yang ada di lapangan, dan kemudian dikaitkan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta teori hukum yang sesuai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para pengusaha telur asin varian baru di Brebes bisa memberikan perlindungan hukum kepada rahasia dagang yang dimilikinya baik dengan menggunakan perlindungan preventif seperti membuat perjanjian merahasiakan dan perjanjian kontrak, maupun perlindungan represif seperti menyelesaikannya di pengadilan atau melalui alternatif penyelesaian sengketa yang ada. Untuk mewujudkan perlindungan hukum tersebut diperlukan upaya-upaya yang bisa mengatasi kendala-kendala yang dihadapi, baik yang disebabkan faktor internal pengusaha maupun dari faktor eksternal pengusaha itu sendiri, agar tercipta hukum rahasia dagang yang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum;rahasia dagang;pengusaha telur asin
Subjects: Law > Conflict of Law
Constitutional and Administrative Law
Private Law > Property
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Maulana Hilman Dahuri
Date Deposited: 09 May 2022 03:50
Last Modified: 09 May 2022 03:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50584

Actions (login required)

View Item View Item