Pengaruh pemahaman siswa dalam pembelajaran ilmu tajwid materi hukum nun mati dan tanwin terhadap kemampuan membaca Al Quran mereka

Puspitasari, Siti Sarah (2022) Pengaruh pemahaman siswa dalam pembelajaran ilmu tajwid materi hukum nun mati dan tanwin terhadap kemampuan membaca Al Quran mereka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca Alquran siswa karena dibuktikan bahwa beberapa siswa kelas III masih mempelajari iqro, kemudian ada juga siswa yang sudah membaca juz amma dan Alquran. Selain itu kemampuan membaca Alquran siswa yang berbeda pada setiap siswa menjadi tanggung jawab pendidik agar semua siswa dapat membaca dengan kualitas baik sesuai dengan ketentuan ilmu tajwid. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui realitas pemahaman siswa dalam pembelajaran ilmu tajwid materi hukum nun mati dan tanwin kelas III di MDTA Raudhatul Muta’alimin Cisaat Sukabumi, 2) untuk mengetahui realitas kemampuan membaca Alquran siswa kelas III di MDTA Raudhatul Muta’alimin Cisaat Sukabumi, 3) untuk mengetahui realitas pengaruh pemahaman siswa dalam pembelajaran ilmu tajwid materi hukum nun mati dan tanwin terhadap kemampuan membaca Alquran siswa kelas III di MDTA Raudhatul Muta’alimin Cisaat Sukabumi. Penelitian ini berdasarkan pada teori bahwa kemampuan membaca Alquran dipengaruhi oleh faktor internal yaitu pemahaman siswa. Siswa yang memiliki pemahaman yang tinggi akan menghasilkan kemampuan membaca Alquran yang baik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 53 orang siswa kelas III MDTA Raudlatul Muta’alimin Cisaat Sukabumi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu parsial, korelasi, dan hipotesis. Realitas pengaruh pemahaman siswa dalam pembelajaran ilmu tajwid materi hukum nun mati dan tanwin yang dilaksanakan pada siswa kelas III di MDTA Raudlatul Muta’alimin Sukabumi tergolong pada kriteria sangat tinggi dengan skor rata - rata 8,42 karena berada pada interval 8-10. Sedangkan realitas kemampuan membaca Alquran siswa kelas siswa kelas III tergolong pada kriteria tinggi dengan skor rata – rata 72,30 karena berada pada interval 70 – 79. Adapun kedua variabel tersebut bepengaruh positif yang signifikan. Ditunjukan dengan hasil uji hipotesis t_hitung = 17,94 ≥ t_(tabel )= 2,01 dengan koefisien korelasi sebesar 0,93 berada pada rentang 0,91 - 1,00 dan uji pengaruh dengan hasil 0,37 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y dengan persentasi 63%. Sehingga dapat diketahui bahwa realitas pengaruh variabel X terhadap variabel Y memiliki kategori sedang yaitu terletak pada interval 0,41– 0,70.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Siswa; Kemampuan Membaca Alquran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sarah Puspitasari
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:33
Last Modified: 25 Apr 2022 02:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50580

Actions (login required)

View Item View Item