Penggunaan media berbasis Mobile Learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Daulah Abbasiyah: Penelitian quasi eksperimen pada Kelas XI MA As-Sakienah Indramayu.

Abdullah, Abdullah (2022) Penggunaan media berbasis Mobile Learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Daulah Abbasiyah: Penelitian quasi eksperimen pada Kelas XI MA As-Sakienah Indramayu. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terhambantnya penyampaian materi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dikarenakan kurangnya motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik yang masih berkategori rendah, hal tersebut karena pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional yang berpusat pada pendidik sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Dengan demikian perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran SKI yaitu dengan menggunakan pembelajaran berbasis mobile learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: a) Motivasi belajar antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbasis mobile learning dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional, b) Hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan media pembelajaran berbasis mobile learning dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional, dan c) Tanggapan peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran SKI materi Daulah Abbasiyah. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoretis yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran SKI adalah dengan diterapkannya pembelajaran berbasis mobile learning dengan baik. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen jenis nonequivalent (pretest and posttest) control group design. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu uji statistik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa pembelajaran SKI di kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran berbasis mobile learning dapat meningkatkan motivasi belajar nilai rata-ratanya sebesar 3,71 (kategori baik), sementara di kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata 3,38 (kurang baik). Setelah menganalisis hasil belajar kognitif peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar, kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 79,77, dan kelas kontrol sebesar 58,05. Sedangkan tanggapan peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning menunjukan kualifikasi positif dengan nilai rata-rata 79,05 dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis mobile learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning; Motivasi; Hasil Belajar Kognitif; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Special Computer Methods
Conscious Mental Process and Intelligence
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdullah Abdullah
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:38
Last Modified: 25 Apr 2022 02:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50570

Actions (login required)

View Item View Item