Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap produksi lampu hias gentur dikampung Gentur Desa Jambudipa Kec Warungkondang Kab Cianjur

Malik, Muhammad Reza Abdul (2022) Tinjauan Ekonomi Syariah terhadap produksi lampu hias gentur dikampung Gentur Desa Jambudipa Kec Warungkondang Kab Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Penelituan ini dilatarbelakangi oleh adanya usaha lampu hias di Kampung Gentur, Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur yang perlu ditinjau dari mekanisme produksinya, bahan baku yang digunakan ,serta pendistribusiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : Pertama, mekanisme dan produksi dalam lampu hias gentur. Kedua, Bagaimana Tinjauan Ekomomi Syariah Terhadap Produksi Lampu Hias Gentur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu meninjau dan memaparkan praktik produksi lampu hias gentur. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis datanya secara kualitatif dengan cara mengumpulkan data untuk kemudian dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Lampu hias gentur merupakan industri lentera hias yang diproduksi oleh para pengrajin Kampung Gentur, Desa Jambudipa, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Usaha lampu hias gentur yang merupakan usaha turun temurun masyarakat Kampung Gentur ini telah menjadi kebanggaan dan ciri khas warga masyarakat Cianjur. Proses dan bahan pembuatan lampu gentur dapat dikatakan cukup mudah namun memerlukan ketelitian dan ketekunan. Lampu gentur terdiri dari beberapa bagian yaitu kerangka, wadah, lampu, selubung lampu dan pengait. Produksi lampu hias gentur sudah sesuai dengan teori yang telah ditulis oleh penulis sebelumnya yaitu misalnya mengenai tentang kehalalan tata cara produksi dari tahap awal sampai akhir pihak pengrajin telah melaksanakan produksi secara halal. Kemudian dalam bentuk material, pihak pengrajin memilih bahan material yang terbaik agar hasil produk tersebut sangat baik dan ramah lingkungan.. Sehingga ini menunjukan bahwa produksi yang dilakukan tersebut sudah melaksanakan sesuai dengan nilai-nilai Islam yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Produksi ; Industri ; Lampu Hias Gentur
Subjects: Administration of Economy > Administration of Industries
Administration of Economy > Administration of Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Reza Abdul Malik
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:23
Last Modified: 25 Apr 2022 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50509

Actions (login required)

View Item View Item