Implementasi pendidikan agama Islam dalam keluarga: Penelitian pada keluarga di perumahan Vila Mutiara Gading 3 Blok L Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi

Akmal, Ahmad (2022) Implementasi pendidikan agama Islam dalam keluarga: Penelitian pada keluarga di perumahan Vila Mutiara Gading 3 Blok L Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak orang tua yang masih tidak sadar akan penting nya peran mereka sebagai lembaga pendidikan pertama bagi anak. Hal ini dipertegas dengan banyaknya fenomena orang tua yang menyerahkan urusan pengasuhan anak-anak mereka kepada jasa asisten rumah tangga, pengasuh anak atau baby sitter yang mana sangat berpengaruh terhadap perkembangan perilaku anak untuk kedepannya nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemahaman pendidikan agama Islam dalam keluarga. 2) Realitas pendidikan agama Islam dalam keluarga. 3) Faktor pendukung dan penghambat dari implementasi pendidikan agama Islam dalam keluarga. Penelitian ini berangkat dari suatu pemikiran bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga sangat penting terutama dalam rangka mewujudkan kehidupan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah dan muthmainah. Kehidupan keluarga yang demikian tentunya akan sangat mempengaruhi kualitas dan kemajuan masyarakat. Karena keluarga merupakan barometer kemajuan bangsa dan merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama. Singkatnya, jika keluarga baik maka bangsa juga akan baik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif, dan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan atau field research. Sumber data yang diperoleh peneliti berasal dari data primer dan data sekunder berupa buku, jurnal, skripsi dan lain sebagainya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Masyarakat di perumahan VMG 3 Blok L memiliki pemahaman bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga sangat penting dan memang harus dipentingkan. 2) Realitas pendidikan agama Islam dalam keluarga di perumahan tersebut dapat di katakan sudah baik. Hal tersebut dapat dilihat dari usaha orang tua dalam mendidik anak melalui mencontohkan kepada anak dalam melaksanakan solat, mengajak dan mencontohkan untuk solat berjamaah di masjid sekitar, membiasakan anak untuk berkata baik dan mengikuti kegiatan pengajian di lingkungan perumahan sekitar. 3) Faktor pendukung yaitu: Lingkungan dan sekolah. Adapun faktor penghambat yaitu: Keterbatasan waktu, media massa dan pengetahuan orang tua yang terbatas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Agama Islam; Keluarga;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Akmal
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:09
Last Modified: 28 Apr 2022 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50507

Actions (login required)

View Item View Item