Meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia dini melalui media Alphabeth Match Board : Penelitian tindakan kelas di kelompok A1 RA Bina Ilmu Anak Shaleh Ciwastra Bandung

Rismayana, Ghina Andira (2022) Meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia dini melalui media Alphabeth Match Board : Penelitian tindakan kelas di kelompok A1 RA Bina Ilmu Anak Shaleh Ciwastra Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan melalui kegiatan observasi di kelompok A1 RA Bina Ilmu Anak Shaleh Ciwastra Bandung, terdapat beberapa hambatan yang berkaitan dengan aspek perkembangan bahasa terutama pada kemampuan anak dalam mengenal huruf abjad. Hal ini dapat terlihat dari respon anak ketika guru bertanya mengenai huruf yang ditunjukkan, dan saat guru meminta anak untuk menuliskan huruf abjad tertentu, tidak semua anak mampu memberikan respon yang sesuai, beberapa anak cenderung diam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan mengenal huruf abjad anak kelompok A1 RA Bina Ilmu Anak Shaleh Ciwastra Bandung sebelum menggunakan media alphabeth match board; 2) Penerapan media alphabeth match board untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad di kelompok A1 RA Bina Ilmu Anak Shaleh Ciwastra Bandung pada setiap siklus; 3) Kemampuan mengenal huruf abjad setelah menggunakan media alphabeth match board di kelompok A1 RA Bina Ilmu Anak Shaleh Ciwastra Bandung pada setiap siklus. Penelitian ini didasari oleh pemikiran bahwa penggunaan media alphabeth match board pada anak usia dini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad anak, karena melalui media alphabeth match board dapat memberikan pengalaman pada anak untuk berhadapan dengan huruf-huruf abjad secara kongkret. Dengan demikian, media alphabeth match board diduga dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad kelompok A1 RA Bina Ilmu Anak Shaleh Ciwastra Bandung. Metode yang digunakan berupa penelitian tindakan kelas dengan pendekatan gabungan yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa observasi dan unjuk kerja. Selanjutnya dilakukan analisis data berupa observasi aktivitas guru, observasi aktivitas anak, dan unjuk kerja kemampuan mengenal huruf abjad anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media alphabeth match board dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad anak. Hal ini terbukti berdasarkan analisis data, kemampuan mengenal huruf abjad anak sebelum dilakukan tindakan memperoleh rata-rata sebesar 38,33% dengan kategori kurang sekali. Proses penggunaan media alphabeth match board dilihat dari nilai rata-rata aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 62,65% dengan kategori cukup, pada siklus II mencapai 93,75% dengan kategori sangat baik. Demikian pula pada aktivitas anak di siklus I dengan rata-rata 55,01% dengan kategori kurang, dan pada siklus II mencapai 82,16% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, kemampuan mengenal huruf abjad setelah menggunakan media alphabeth match board memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 50,72 dengan kategori kurang, dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 79,35 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal Huruf; Abjad; Anak Usia Dini; Media Alphabeth Match Board
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ghina Andira Rismayana
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:29
Last Modified: 20 Apr 2022 07:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50478

Actions (login required)

View Item View Item