Aktivitas bimbingan keagamaan di DKM Miftahul Jannah: Kompleks Panghegar Permai VIIIB RW 10 Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Mira, Mira (2021) Aktivitas bimbingan keagamaan di DKM Miftahul Jannah: Kompleks Panghegar Permai VIIIB RW 10 Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberjalanan pendidikan dilingkup masyarakat (termasuk dalam penerapan pendidikan pada tahap dewasa), dalam prosesnya menjalankan pendidikan orang dewasa merupakan lanjutan dari tahap kanak kanaknya sampai remajanya, jika pengajaran yang diterima baik maka memudahkan untuk dilanjutkan saat dewasa tetapi sebaliknya jika pengajaran yang diterima sebelumnya kurang tepat maka akan sukar pula meluruskan nya. Penelitian ini bertolak pada pemikiran, untuk mencapai perubahan pada diri orang yang telah dewasa maka dibutuhkan cara yang sistematis dan berkelanjutan sehingga akan menjadikan perubahan baik dalam sikap, nilai dan keterampilan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Tujuan bimbingan keagamaan di DKM Miftahul Jannah 2) Proses bimbingan keagamaan di DKM Miftahul Jannah 3) Faktor pendukung dan penghambat aktivitas bimbingan keagamaan di DKM Miftahul Jannah. Proses bimbingan terhadap orang yang telah dewasa (Masyarakat) perlu memahami pola bimbingannya yakni untuk mencapai perubahan pada diri orang yang telah dewasa maka dibutuhkan cara yang sistematis dan berkelanjutan sehingga akan menjadikan perubahan baik dalam sikap, nilai dan keterampilan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif. Selanjutnya Sumber data pada penelitian ini berasal dari hasil wawancara (responden), observasi tempat dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 3 yaitu 1) Observasi 2) Wawancara 3) Studi Dokumen dengan teknik analisis data melalui 3 tahapan 1) Reduksi data ( proses pengumpulan data dan merangkum data yang telah terkumpul sementara) 2) Display data (proses penyajian data dengan tujuang agar menghasilkan data yang terorganisir dan teratur) 3) Verification (Kesimpulan). Tujuan Bimbingan Keagamaan di DKM Miftahul Jannah diantaranya : a) Ibadah Jamaah benar sesuai dengan syariat dan bersemangat melaksanakannya,b) Meningkatnya pemahaman keagamaan. c) Memahami kebersamaan dan hidup rukun antar warga masyarakat d) Meningkatnya kepedulian terhadap sesama e) Jamaah mampu membaca dan memahami Al Quran. Proses bimbingan keagamaan di DKM Miftahul Jannah terdiri dari 5 bidang diantaranya : 1)Keilmuan agama (Ibadah) 2) Motivasi Ibadah 3) Infaq dan Shodaqoh 4) Tsaqofah Islamiyah 5) Bimbingan / Pembelajaran Al Qur’an,dari segi waktu pelaksanaanterbagi menjadi :1) program harian 2) program pekanan 3). Program bulanan4) Program Tahunan. Faktor pendukung diantaranya Sebagian pengurus masih berusia muda, Kepedulian antar masyarakat tinggi, Tarap Pendidikan pengurus dan warga, dan Keterbukaan pengelolaan keuangan, Faktor penghambat diantaranya Kesibukan pengurus dengan pekerjaannya dikantor, Kesibukan masyarakat, Perbedaan pemahaman dan praktek keagamaan, dan Kurangnya daya dukung pemerintah terhadapa pendanaan program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Bimbingan; Keagamaan
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mira Mira
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:47
Last Modified: 21 Apr 2022 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50477

Actions (login required)

View Item View Item