Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik transaksi biaya masuk sekolah : Studi kasus di SMAN 9 Garut

Asyidqi, Alfi Taufiq (2022) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik transaksi biaya masuk sekolah : Studi kasus di SMAN 9 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi karena adanya praktik transaksi biaya masuk sekolah di SMAN 9 Garut yang berupa sumbangan partisipasi sarana dan prasarana sekolah. Pada praktisnya terdapat dua bentuk perjanjian yaitu secara tertulis dan secara lisan, dalam perjanjian tertulis tidak disebutkan tempo waktu pembayaran dan keterangan besaran biaya sumbangan dapat berubah, namun diperjanjikan secara lisan. Sehingga adanya ketidakkonsistenan terhadap bentuk perjanjian yang pada dasarnya bersifat sakral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sistem, mekanisme, dan implementasi transaksi biaya masuk sekolah di SMAN 9 Garut, dan (2) analisis Hukum Ekonomi Syariah terhadap transaksi biaya masuk sekolah di SMAN 9 Garut. Penelitian ini berdasarkan atas kerangka pemikiran bahwasannya dalam pelaksanaan akad metode, maksud, dan tujuan harus jelas serta sesuai dengan prinsip dan hukum-hukum yang berlaku. Perlunya penafsiran akad ketika adanya dua bentuk metode perjanjian (akad) dalam satu akad sehingga dapat menentukan apakah esensi suatu akad menjadi berubah atau tidak. Untuk menentukan hukum atas pelaksanaan akad hibah pada sumbangan partisipasi sarana dan prasarana sekolah di SMAN 9 Garut perlu peninjauan hukum ekonomi syariah secara teoritis dan praktis. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu memaparkan dan meninjau pelaksanaan sumbangan partisipasi sarana dan prasarana sekolah di SMAN 9 Garut. Teknik pengumpulan data dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk melakukan wawancara, serta mengambil beberapa data dari sumber-sumber literatur berupa studi kepustaskaan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan mengumpulkan dan menganalisis data-data yang ditemukan untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) sistem dan mekanisme pembayaran sumbangan partisipasi sarana dan prasarana sekolah di SMAN 9 Garut menggunakan pengaplikasian akad hibah, dan (2) menurut Hukum Ekonomi Syariah bahwa dalam penafsiran akad bahwasannya pelaksanaan dua metode perjanjian dalam sumbangan partisipasi sarana dan prasarana sekolah di SMAN 9 Garut tidak merubah esensi akad hibah karena tetap terlaksananya maksud dan tujuan yang sesuai dengan rukun dan syarat akad hibah. Pelaksanaan sumbangan partisipasi sarana dan prasarana sekolah di SMAN 9 Garut adalah sah sehingga biaya sumbangan menjadi halal karena dalam pelaksanaannya tidak menyalahi ketentuan hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akad lisan; Akad tertulis; Hibah; Penafsiran akad;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Perjanjian dalam Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Alfi Taufiq Asyidqi
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:04
Last Modified: 25 Apr 2022 04:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50464

Actions (login required)

View Item View Item