Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi

Hamidah, Eneng Hani Siti (2021) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (838kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPA. Pembelajaran yang cenderung diberikan hanya tugas dan membaca LKS dan hanya guru yang berbicara, sehingga kurangnya keingintahuan siswa dan mudah merasa bosan saat dikelas. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen. Teknik pengumpulan data ini berupa soal tes, lembar observasi, dan lembar respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar menggunakan model problem based learning menunjukkan nilai rata-rata pretest 47,00 dan posttest 79,16 dan N-gain 0,601 kriteria sedang. Hasil belajar tanpa menggunakan model pembelajaran problem based learning menunjukkan nilai rata-rata pretest 46,66 dan posttest 69,16 dan N-gain 0,401 kriteria sedang. Adapun hasil analisis uji-t diperoleh t_hitung 3,23 dan t_tabel 2,9 dengan demikian H₀ ditolak, artinya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning perpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Problem based learning; Sistem Ekskresi
Subjects: Education, Research of Language, Related Topics of Language
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Eneng Hani Siti Hamidah
Date Deposited: 25 May 2022 07:21
Last Modified: 25 May 2022 07:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50448

Actions (login required)

View Item View Item