Pengaruh metode Gallery Walk terhadap minat belajar dan Critical Thinking Skill siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam : Quasi experiment di kelas 8 SMP Pasundan 1 Cimahi Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi dan di Kelas 8 SMPN 57 Bandung Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung

Maryadi, Arif (2021) Pengaruh metode Gallery Walk terhadap minat belajar dan Critical Thinking Skill siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam : Quasi experiment di kelas 8 SMP Pasundan 1 Cimahi Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi dan di Kelas 8 SMPN 57 Bandung Kecamatan Bandung Kulon Kota Bandung. Masters thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari ketidak pedulian peserta didik pada tugas mata pelajaran PAI yang disebabkan oleh guru yang memeriksa tugas hanya sekedar mengecek yang mengerjakan dan yang tidak. Akibatnya, siswa membuat tugas menjadi asal mengerjakan saja. Monotonnya metode yang dipakai oleh pendidik mengakibatkan menurunnya minat belajar siswa dan Critical Thinking Skill siswa pada mata pelajaran PAI. Fenomena ini terlihat, ketika siswa pada saat mengumpulkan tugas tidak sesuai dengan yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini memiliki tujuan diantaranya: 1) penggunaan metode Gallery Walk pada mata pelajaran PAI; 2) pengaruh metode tersebut pada minat belajar siswa; 3) pengaruh metode tersebut terhadap Critical Thinking Skill siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experiment pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen penelitian ini adalah kelas 8C SMP Pasundan 1 Cimahi dan 8.3 SMP Negeri 57 Bandung, sedangkan kelas kontrolnya adalah kelas 8A dan 8.5. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisisnya menggunakan SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tanggapan penggunaan metode Gallery Walk di kelas 8C SMP Pasundan 1 Cimahi dan kelas 8.3 SMP Negeri 57 Bandung dilihat dari nilai rata-rata sebesar 4,23 dan 4,04 berada pada kategori sangat tinggi dan tinggi. 2) peningkatan minat belajar siswa di kelas eksperimen dilihat dari uji N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,43 dan 0,46 berada pada kategori sedang. sementara hasil uji N-Gain di kelas kontrol (8A dan 8.5) adalah 0,60 dan 0,53, yang terkategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Man Whitney U diperoleh sig. 0,337 dan 0,411 > 0,05 menyatakan perbedaan yang tidak signifikan antara pembelajaran menggunakan metode Gallery Walk dengan yang menggunakan metode merangkum pada mata pelajaran PAI. 3) peningkatan Critical Thinking Skill siswa pada kelas eksperimen 8C SMP Pasundan 1 Cimahi dan kelas 8.3 SMP Negeri 57 Bandung, dilihat dari uji N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,16 dan 0,15, berada pada kategori rendah. sedangkan hasil uji N-Gain pada kelas kontrol (8A dan 8.5) adalah 0,31 dan 0,27, yang berada pada kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Man Whitney U diperoleh sig. 0,381 dan 0,778 > 0,05 menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran menggunakan metode Gallery Walk dengan yang menggunakan metode merangkum pada mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil penelitian di atas, direkomendasikan di antaranya untuk pendidik agar membuat media pembelajaran yang lebih menarik atau mengkombinasikan metode Gallery Walk dengan media lain agar dapat mengembangkan minat belajar dan critical thinking skill siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gallery Walk; Minat; Critical Thinking Skill
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arif Maryadi
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:32
Last Modified: 22 Apr 2022 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50445

Actions (login required)

View Item View Item