Dampak Game Online Mobile Legend terhadap motivasi belajar anak:Studi kasus di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al - Ikhlas Kelurahan Rancaekek Kencana Kabupaten Bandung

Kartika, Ajeng (2022) Dampak Game Online Mobile Legend terhadap motivasi belajar anak:Studi kasus di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al - Ikhlas Kelurahan Rancaekek Kencana Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta bahwa kecanggihan teknologi membuat game, dapat dimainkan dimana saja, oleh siapa saja, dan kapan saja. Maraknya game khususnya game online Mobile Legend yang dimainkan oleh kalangan anak-anak pelajar di MDTA Al-Ikhlas Kelurahan Rancaekek Kencana memberikan dampak yang cukup berpengaruh terhadap motivasinya dalam belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui serta dapat memahami faktor apa saja anak gemar bermain game online Mobile Legend, apa saja dampak yang dihasilkan oleh game online Mobile Legend terhadap motivasi belajar anak, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk mencegah anak tidak gemar bermain game online Mobile Legend di MDTA Al-Ikhlas Kelurahan Rancaekek Kencana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tindakan Sosial, yang telah dikemukakan oleh Max Weber. Teori tersebut menyatakan bahwa suatu perilaku individu selama perilaku itu memiliki arti yang subjektif untuk dirinya dan diarahkan kepada orang lain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer di ambil dari observasi dan wawancara terbuka kepada murid, guru di MDTA Al-Ikhlas dan orang tua murid. Sedangkan dengan sumber data sekunder diambil dari buku-buku, jurnal, skripsi dan juga blog internet yang dapat mendukung Penelitian ini. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikana kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa anak-anak pelajar di MDTA Al-Ikhlas yang mengalami dampak dari game online Mobile Legend lebih banyak merasakan dampak negatifnya. Dampak negatif dari game online Mobile Legend yang dirasakan oleh anak-anak pelajar adalah mereka menjadi kehilangan fokus dalam belajar, malas belajar, dan agresif. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dampak negatif dari game online Mobile Legend sangat mempengaruhi motivasi anak dalam belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game Online; Mobile Legend; Motivasi Belajar; Tindakan Sosial
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Indoor Games of Skill > Electronic Game
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ajeng Kartika
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:01
Last Modified: 19 Apr 2022 07:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50441

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item