Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan kontekstual dengan bantuan aplikasi Mathway : Penelitian tindakan kelas SMP Kelas VIII

Noviandini, Clarisa Lestary (2022) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan kontekstual dengan bantuan aplikasi Mathway : Penelitian tindakan kelas SMP Kelas VIII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi mathway. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pembelajaran matematika, sikap siswa terhadap pembelajaran matematika. Metedologi penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII salah satu SMP di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan non tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi mathway dapat terlaksana dengan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas guru mengalami peningkatan dari kategori cukup baik pada siklus I dan II menjadi kategori baik pada siklus III. Begitu pula pada aktivitas siswa dari kategori kurang baik pada siklus I, menjadi kategori cukup baik pada siklus II dan baik pada siklus III; kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual mengalami peningkatan dari kategori cukup pada siklus I dan II, menjadi kategori baik pada siklus III; sebagian besar siswa menunjukkan sikap yang positif terhadap penggunaan pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi mathway. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi mathway dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual;Aplikasi Mathway;Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: clarisa lestary noviandini
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:53
Last Modified: 22 Apr 2022 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50426

Actions (login required)

View Item View Item