Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman matematis berbantuan Sparkol Videoscribe

Sartono, Moh Irvan Mauludi (2022) Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan pemahaman matematis berbantuan Sparkol Videoscribe. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor penting dalam pembelajaran matematika saat ini adalah pentingnya pengembangan kemampuan pemahaman matematis, namun pada kenyataannya siswa masih kurang memiliki kemampuan tersebut. Karena itu pembelajaran flipped classroom berbantuan sparkol videoscribe menjadi salah satu solusi untuk mencapai hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan sparkol videoscribe terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP di Jatiwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini yaitu; (a) Pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan sparkol videoscribe terhadap kemampuan pemahaman matematis; (b) Siswa kebanyakan merespon positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbantuan sparkol videoscribe; serta (c) Kesulitan pada siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman matematis diantaranya siswa masih kesulitan dalam menggunakan, memanfaatkan, memilih prosedur serta mengaplikasikan konsep dan algoritma ke pemecahan masalah. Implikasi penelitian ini yaitu model pembelajaran flipped classroom berbantuan sparkol videoscribe dapat memfasilitasi proses kontruksi siswa dalam memahami konsep matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom; Kemampuan Pemahaman Matematis; Sparkol Videoscribe;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Applied mathematics > Mathematical Optimization
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Moh Irvan Mauludi Sartono
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:42
Last Modified: 18 Apr 2022 01:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50384

Actions (login required)

View Item View Item