Pengaruh sistem upah bagi hasil dan jaminan sosial terhadap kepuasan kerja karyawan : Studi kasus Rumah Makan Ayam Penyet Joko Solo Indonesia Cabang Kota Bandung

Angga, Muhammad (2021) Pengaruh sistem upah bagi hasil dan jaminan sosial terhadap kepuasan kerja karyawan : Studi kasus Rumah Makan Ayam Penyet Joko Solo Indonesia Cabang Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya ekonomi syariah di Indonesia berkembang begitu tinggi. Hal itu ditandai dengan berdirinya banyak lembaga keuangan dan operasionalnya menggunakan prinsip syariah seperti bagi hasil. Perusahaan memiliki sebuah kewajiban agar membayar upah dengan adil kepada karyawannya. Dalam keadaan ini banyak perusahaan yang mengandalkan keuntungan dari para karyawan dan hanya membayar rendah karena tuntutan kebutuhan mereka untuk mendapat pengasilan. Bukan seberapa besar jumlah upah yang diberikan dan diterima, melainkan seberapa besar kepuasan yang diperoleh karyawan atas hasil yang telah mereka berikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1. Seberapa besar pengaruh sistem upah bagi hasil terhadap kepuasan kerja karyawan. 2. Seberapa besar pengaruh jaminan sosial terhadap kepuasan kerja karyawan. Dan 3. Seberapa besar pengaruh sistem upah bagi hasil dan jaminan sosial terhadap kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik uji instrument data, uji normalitas, analisis regresi linier berganda , uji hipotesis uji, analisis koefisien determinasi dan asumsi klasik. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa upah bagi hasil secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan nilai thitung sebesar 0,566 < ttabel 1,996 dan tingkat signifikansi sebesar 0,573 > 0,05. Serta pada uji regresi linier berganda koefisien variabel upah bagi hasil sebesar 0,049 yang bertanda negatif dapat diartikan apabila terjadi peningkatan variabel upah bagi hasil sebesar 1 satuan maka akan mengakibatkan penurunan kepuasan kerja karyawan sebesar 0,049 satuan dengan asumsi variabel bebas yang lain konstan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa jaminan sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan nilai thitung sebesar 4,169 > ttabel 1,996 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Serta pada uji regresi linier berganda koefisien variabel jaminan sosial sebesar 0,431 yang bertanda positif dapat diartikan apabila terjadi peningkatan variabel jaminan sosial sebesar 1 satuan maka akan mengakibatkan penurunan kepuasan kerja karyawan sebesar 0,431 satuan dengan asumsi variabel bebas yang lain konstan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa upah bagi hasil dan jaminan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan di rumah makan ayam penyet joko solo Indonesia cabang Kota Bandung. Dan juga secara keseluruhan pada penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh 18,3% variabel bebas upah bagi hasil dan jaminan sosial. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Upah Bagi Hasil; Jaminan Sosial; Kepuasan Kerja Karyawan
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Research Methods of Economic
Administration of Economy > Administration of Labor
Analysis, Theory of Functions > General Aspects of Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Angga
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:10
Last Modified: 25 Apr 2022 07:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50358

Actions (login required)

View Item View Item