Kemampuan penalaran adaptif siswa berdasarkan intuisi deduktif melalui pembelajaran Discovery berbantuan Malmath : Penelitian quasi eksperimen pada kelas XI SMAN Cimanggung Kabupaten Sumedang

Nursyamsiyah, Mega (2022) Kemampuan penalaran adaptif siswa berdasarkan intuisi deduktif melalui pembelajaran Discovery berbantuan Malmath : Penelitian quasi eksperimen pada kelas XI SMAN Cimanggung Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan penalaran adaptif siswa yang kurang terlihat, hal ini berakibat pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui: pencapaian penalaran adaptif bila diterapkannya pembelajaran Discovery berbantuan Malmath, perbedaan peningkatan dan pencapaian kemampuan penalaran adaptif siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery berbantuan Malmath dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berbantuan telegram untuk perbedaan pencapaian ditinjau dari intuisi deduktif dengan kategori (tinggi, sedang dan rendah). Metode yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMAN Cimanggung Kabupaten Sumedang dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik Probability Sampling. Hasil penelitian sebagai berikut: pencapaian penalaran adaptif bila diterapkannya pembelajaran Discovery berbantuan Malmath berjalan secara efektif. Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery berbantuan Malmath tidak lebih baik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berbantuan telegram, terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran adaptif siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery berbantuan Malmath lebih baik dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional berbantuan telegram ditinjau dari intuisi deduktif dengan kategori (tinggi, sedang dan rendah). Dengan demikian pembelajaran Discovery berbantuan Malmath menuntut siswa untuk lebih mandiri dalam belajar, menemukan masalah, mengimplementasikan media sehingga mampu meningkatkan penalaran adaptif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Discovery; Malmath; kemampuan penalaran adaptif; intuisi deduktif
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Analysis, Theory of Functions
Analysis, Theory of Functions > Integral Calculus and Integral Equations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Mega Nursyamsiyah
Date Deposited: 18 Apr 2022 01:38
Last Modified: 18 Apr 2022 01:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50352

Actions (login required)

View Item View Item