Strategi media Relations Humas RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dalam mempertahankan citra lembaga

Maulana, Algie (2022) Strategi media Relations Humas RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dalam mempertahankan citra lembaga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Media massa merupakan sarana yang kerap digunakan oleh praktisi Public Relations dalam melaksanakan kegiatan komunikasi dengan publik – publiknya. Humas RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung merupakan salah satu perusahaan yang telah menyadari betapa pentingnya menjalin sinergitas yang positif dengan pihak media massa untuk mempertahankan citra sebagai lembaga yang bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dalam membangun hubungan yang harmonis dengan media massa menggunakan konsep strategi Media Relations dan Model Twoway Symmetric yang dikemukakan oleh Grunig, sehingga banyak media – media lokal yang memberikan pemberitaan yang memberikan dampak positif bagi perusahaan atau lembaga dalam membangun dan mempertahankan citra yang baik di mata publik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dari sudut pandang masyarakat atau cara seseorang dalam mengamati fenomena yang ada di sekitarnya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme karena berusaha untuk memahami proses dan interaksi sosial yang terjadi antara praktisi Humas RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dengan pihak media dengan mengkonstruksikan strategi Media Relations. Melalui pendekatan interpretatif penelitian ini dapat lebih menginterpretasikan data – data yang ada serta dapat menjelaskan bagaimana strategi Media Relations Humas RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dalam mempertahankan citra lembaga. Hasil dari penelitian ini diinterpretasikan menggunakan konsep strategi Media Relations yang dikemukakan oleh Yosal Iriantara dengan membagikan strategi tersebut kedalam tiga tahapan, yaitu: 1) mengelola relasi, Humas RSUP Dr. Hasan Sadikin membangun hubungan baik dengan pihak media dengan strategi membentuk tim media internal perusahaan, memilih dan memilah media yang tepat, dan melaksanakan program-program Media Relations. 2) mengembangkan strategi relasi dengan meningkatkan publisitas untuk meraih tujuan perusahaan. 3) mengembangkan jaringan, Humas RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung memanfaatkan relasi yang telah terjalin dengan melebarkan network-nya melalui strategi menjalin hubungan dengan organisasi profesi kewartawanan seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bandung, dan organisasi kemasyarakatan seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan komunitas lainnya. ENGLISH : Mass media is a tool that is often used by public relations practitioners in carrying out communication activities with the public. Public Relations Dr. Hasan Sadikin Bandung is one company that has realized how important it is to establish positive synergy with the mass media to maintain its image as a responsible institution. This study aims to describe the efforts made by RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung in building a harmonious relationship with the mass media using the concept of Media Relations strategy and the Twoway Symmetric Model proposed by Grunig, so that many local media provide news that has a positive impact on companies or institutions in building and maintaining a good image in Indonesia. public eye. The research method used is descriptive-qualitative research, namely research conducted from the perspective of the community or the way a person observes the phenomena around him. This study uses the constructivism paradigm because it seeks to understand the processes and social interactions that occur between PR practitioners at RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung with the media by constructing a Media Relations strategy. Through an interpretive approach this research can better interpret the existing data and can explain how the strategy of Media Relations Public Relations Dr. RSUP. Hasan Sadikin Bandung in maintaining the image of the institution. The results of this study are interpreted using the concept of Media Relations strategy proposed by Yosal Iriantara by dividing the strategy into three stages, namely: 1) managing relationships, Public Relations of Dr. RSUP. Hasan Sadikin builds good relations with the media with the strategy of forming the company's internal media team, selecting and sorting the right media, and implementing Media Relations programs. 2) develop a relationship strategy by increasing publicity to achieve company goals. 3) develop a network, Public Relations Dr. RSUP. Hasan Sadikin Bandung takes advantage of existing relationships by expanding its network through strategies for establishing relationships with professional journalistic organizations such as the Bandung City of Indonesian Journalists Association (PWI), and community organizations such as Non-Governmental Organizations (NGOs) and other communities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Relations; Two-way Symmetric; RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung; Media Relations, Two-way Symmetric, RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Algie Maulana
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:52
Last Modified: 14 Apr 2022 05:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50331

Actions (login required)

View Item View Item