Penerapan model pembelajaran Brainstorming untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan Self–Efficacy matematis siswa

Saadah, Siti (2022) Penerapan model pembelajaran Brainstorming untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan Self–Efficacy matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self-efficacy matematis siswa, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran Brainstorming. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Brainstorming, (b) pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (c) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis yang paling baik antara pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Brainstorming dan pembelajaran konvensional, (d) peningkatan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control group Design. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A dan VIII-B MTs. Unwanul Falah. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran Brainstorming secara umum siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran (b) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional ketika sebelum dan setelah pembelajaran tidak mengalami perubahan yang signifikan (c) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran konvensional, (d) Peningkatan kemampuan self-efficacy siswa yang menggunakan pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada siswa pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Brainstorming; berpikir kreatif matematis; self-efficacy
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Saadah
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:10
Last Modified: 14 Apr 2022 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50330

Actions (login required)

View Item View Item