Peningkatan kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis siswa melalui pendekatan Team Based Learning berbantuan Kahoot

Aminah, Mia Siti (2022) Peningkatan kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis siswa melalui pendekatan Team Based Learning berbantuan Kahoot. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (987kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis siswa melalui pendekatan Team Based Learning berbantuan Kahoot. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Annur 3 Malangbong menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran adaptif dan lembar skala sikap Persistence Matematis. Hasil temuan menunjukkan (a) Peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa yang menggunakan Pembelajaran Team Based Learning berbantuan Kahoot lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) Tidak terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran adaptif antara siswa yang menggunakan Pembelajaran Team Based Learning berbantuan Kahoot dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) kategori tinggi, sedang, dan rendah; (c) Terdapat perbedaan sikap Persistence Matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan Pembelajaran Team Based Learning berbantuan Kahoot; (d) Kesulitan pada beberapa permasalahan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara memberikan latihan-latihan soal non rutin. Dengan demikian, pembelajaran Team Based Learning berbantuan Kahoot menuntut siswa untuk belajar mandiri, menemukan masalah, berinteraksi, menggunakan media sehingga mampu meningkatkan kemampuan penalaran adaptif dan persistence matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penalaran Adaptif; Team Based Learning; Kahoot; Persistence Matematis;
Subjects: Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Mia Siti Aminah
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:05
Last Modified: 14 Apr 2022 06:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50323

Actions (login required)

View Item View Item