Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas VIII F & G SMPN 3 Balaraja, Tangerang, Banten

Hamzah, Yusup (2022) Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring hubungannya dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas VIII F & G SMPN 3 Balaraja, Tangerang, Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy

Abstract

Wabah pandemi Covid 19 memberikan dampak yang begitu besar terhadap dunia pendidikan. Sesuai anjuran pemerintah, pembelajaran pun dilaksanakan secara jarak jauh (daring) di rumah masing-masing. Proses pembelajaran seperti ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Berdasarkan studi pendahuluan di kelas VIII F dan G SMP Negeri 3 Balaraja, masih ditemukan siswa yang mengeluhkan proses pembelajaran daring. Hal-hal yang dikeluhkan para siswa diantaranya adalah metode pembelajaran, kendala sinyal dan juga kurangnya pengawasan terhadap siswa. Sehingga para guru harus lebih fokus pada hasil belajar siswa dan mengedepankan aspek kognitif dalam proses pembelajaran daring. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Persepsi siswa terhadap pembelajaran daring, 2) Hasil belajar kognitif, 3) Hubungan antara persepsi siswa terhadap pembelajaran daring dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini berdasar pada asumsi bahwa bila persepsi yang baik (positif) serta minat yang tinggi terhadap pembelajaran, maka akan timbul keinginan dan motivasi untuk berprestasi. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan asumsi tersebut, dapat diambil hipotesis bahwa terdapat pengaruh antara persepsi siswa kelas VIII F dan G terhadap pembelajaran daring dengan hasil belajar kognitif siswa. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuantitatif kolerasional, 2) Responden sebanyak 63 siswa kelas VIII F dan G SMP Negeri 3 Balaraja, 3) Alat pengumpul data berupa Angket, Tes, Observasi, Wawancara dan Studi Pustaka, 4) Analisis dalam penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan statistik dan kualitatif menggunakan pendekatan logika dan analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Persepsi siswa kelas VIII F dan G terhadap pembelajaran daring memiiliki hasil yang tinggi sesuai hasil angket dengan skor rata-rata 3,73. 2) Hasil belajar kognitif siswa memiliki kualifkasi rendah sesuai hasil tes dengan skor 51,51. 3) Hubungan persepsi siswa terhadap pembelajaran daring dengan hasil belajar kognitif pada pelajaran PAI hanya sebesar 0,25% dengan koefisien korelasi sebesar 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa; Pembelajaran Daring; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusup Hamzah
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:55
Last Modified: 14 Apr 2022 02:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50320

Actions (login required)

View Item View Item