Efektivitas penyaluran dana zakat produktif Baitul Mal Kabupaten Bireuen Aceh terhadap peningkatan kesejahteraan mustahik

Amal, Muhammad Ichlassul (2022) Efektivitas penyaluran dana zakat produktif Baitul Mal Kabupaten Bireuen Aceh terhadap peningkatan kesejahteraan mustahik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan salahsatu instrument peningkatan ekonomi dalam sistem perekonomian Islam. Dewasa ini, zakat mulai di impementasikan di bergabai belahan dunia yang notabene berpenduduk muslim. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, potensi zakat di Indonesia sangat besar dalam mempercepat laju pertumbuhan ekonomi. Salahsatu jenis zakat yang dapat mendorong hal ini ialah zakat produktif. Aceh sebagai daerah dengan kekhususan dalam menjalankan aturan syariah secara otonomi khusus berpeluang lebih masif dalam implementasi zakat produtif ini. Sehingga pada penelitian ini, peneliti berfokus mengkaji tentang “Efektivitas Penyaluran Dana Zakat Produktif Baitul Mal Kabupaten Bireuen Aceh Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Mustahik” Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam tentang seberapa efektif penyaluran dana zakat produktif yang disalurkan oleh Baitul Mal sebagaimana yang bertugas untuk menghimpun dan menyalurkan dana zakat dari muzakki kepada mustahik dalam upaya meningkatkan kesejahteraan mustahik di kabupaten Bireuen, provinsi Aceh. Teori yang dipakai dalam menjawab persoalan penelitian ini ialah teori efektivitas dan Teori kesejahteran serta indikator yang menjadi dasar suatu kegiatan dapat disebut efektif. Selain itu, landasan ayat Al-Qur’an dan pendapat para ulama juga menjadi fokus kajian dalam menemukan jawaban persoalan penyaluran dana zakat saat ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sistem survei lapangan untuk mengumpulkan data primer yang akan diolah. Data diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh sampel yang telah ditentukan. Data yang dihasilkan selanjutnya dianalisis dengan langkah-langkah pengolahan data, selanjutnya hasil uji disajikan dalam bentuk tabel, data dan penjumlahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skema dan kegiatan penyaluran dana zakat produktif Baitul Mal Kabupaten Bireuen dengan memberikan bantuan modal usaha kepada Mustahik. Penyaluran zakat produktif di Kabupaten Bireuen berjalan dengan baik, dan Mustahik yang menerima zakat produktif mampu meningkatkan perekonomian dengan modal komersial yang diberikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Penyaluran; Zakat Produktif; Baitul Mal
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Ichlassul Amal
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:49
Last Modified: 19 Apr 2022 02:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50310

Actions (login required)

View Item View Item