Pesan dakwah dalam film pendek komedi : Analisis isi pada channel YouTube Deni Creator

Baidowi, Ahmad Adnan (2022) Pesan dakwah dalam film pendek komedi : Analisis isi pada channel YouTube Deni Creator. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial dapat dijadikan sarana dalam melakukan aktifitas dakwah di era digital ini. Penyampaian dakwah di media sosial lebih menarik dikarenakan adanya perpaduan antar audio dan visual. Youtube merupakan salah satu media sosial yang sering digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah. Deni Creator ialah salah satu channel Youtube yang memuat konten hiburan yakni film-film pendek bergenre komedi dimana diselipkan pesan dakwah kebaikan dan pelajaran didalamnya. Beberapa tayangan video di Channel YouTube Deni Creator menyampaikan pesan dakwah islam yang di kategorisasikan sebagai akidah, syariat, akhlak, dan muamalah. Film pendek dalam channel ini disajikan dengan berbagai macam karakter pemain dan menceritakan kehidupan pemuda-pemuda kampung yang banyak mendapatkan kesalah pahaman dalam bermasyarakat dan kemudian mendapatkan arahan oleh ustadz/tokoh agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengemasan dan kategorisasi pesan dakwah komedi dalam tayangan video film pendek Channel YouTube Deni Creator. Penelitian ini menggunakan teori pesan dakwah. Paradigma yang digunakan yakni konstruktivisme dengan metode analisis isi menggunakan jenis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah melakukan observasi terhadap 10 tayangan video film pendek YouTube Channel Deni Creator. Kemudian peneliti mendokumentasikannya dan melakukan wawancara dengan pemilik Channel YouTube Deni Creator. Data dalam penelitian ini dikelola dengan cara menyusun data tersebut selanjutnya data yang diperoleh dilakukan analisis terlebih dahulu. Hasil penelitian memperlihatkan pesan dakwah yang disampaikan memakai strategi pesan kebaikan dibalut dengan drama komedi dan permasalahan ringan yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari serta berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadist. Dari aspek audio dalam film pendek ini tidak menggunakan suara backsound yang beraneka ragam melainkan hanya suara yang dihasilkan dari dialog antar tokoh, sedangkan dari aspek visual terlihat latar belakang pengambilan gambar yaitu suasana kehidupan sehari-hari di masyarakat. Isi pesan dakwah yang disampaikan berupa ajakan untuk selalu mengingat kebaikan dan mencegah keburukan, akidah dan keyakinan keimanan, selalu berhubungan baik dengan sesama dan saling menghargai serta bersyukur dan bersabar atas segala sesuatu yang telah di tetapkan oleh Allah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah; Komedi; Film Pendek; Analisis Isi
Subjects: Islam > Da'wah
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Analysis, Theory of Functions
Public Performances > Film Reviews
Stage Presentation, Theater > Comedy and Melodrama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ahmad Adnan Baidowi
Date Deposited: 13 Apr 2022 05:42
Last Modified: 13 Apr 2022 05:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50295

Actions (login required)

View Item View Item