Pengaruh pembelajaran daring (online) terhadap motivasi belajar siswa : Penelitian pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs N 1 Ciamis

Munir, Najmi (2022) Pengaruh pembelajaran daring (online) terhadap motivasi belajar siswa : Penelitian pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs N 1 Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi di lapangan bahwasanya di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ciamis telah menggunakan pembelajaran Daring (online), seluruh staf sekolah sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi murid-murid terlihat memiliki motivasi belajar yang masih rendah sehingga penulis tertarik untuk melakukan sebuah penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses Pembelajaran Daring (online) pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Seberapa besar motivasi pembelajaran siswa pada bidang studi sejarah Kebudayaan Islam yang menggunakan model pembelajaran Daring, 3) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada bidang Studi Sejarah Kebudayaan islam. Sesuai teori dalam penelitian ini didasari pada pemikiran bahwa pembelajaran daring (online) adalah adanya keberadaan suatu organisasi yang mengatur baik itu dalam cara belajar mandiri, bahan ajar dengan media, juga tidak ada sedikitpun kontak langsung yaitu baik itu antara guru maupun siswa. Maka dari itu dalam penelitian ini penyusun meneliti pembelajaran Daring. Dalam penelitian ini termasuk menggunakan metode penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ciamis, yang berjumlah 28 siswa. Tempat penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ciamis sedangkan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan 31 agustus 2021 tahun pelajaran 2021-2022 untuk pengambilan data pada bulan agustus sampai dengan 22 maret 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Daring (online) pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam berdasarkan persepsi 28 Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Ciamis berkategorikan sedang. Hal ini berdasarkan skor rata-rata sebesar 3,56 yang berada pada skala interval 3,40 – 4,1. 2) Motivasi belajar siswa dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam termasuk pada kategori baik dengan rata-rata skor akhir sebesar 3,79 , yang berada pada skala interval 3,40 – 4,1. 3) Pengaruh pembelajaran daring (online) terhadap motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori standar atau sedang, dalam perhitungan analisis korelasi sebesar 0,41 angka korelasi signifikansi 5% yang diajukan oleh nilai t hitung sebesar 2,77 dan t tabel sebesar 2,05 hal ini dapat diartikan terdapat pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y, maka hasil penelitian ini menunjukan hipotesis yang diajukan diterima dalam angka koefisien korelasi 0,41 termasuk kategori sedang atau cukup, karena berada pada interval 0,40 – 0,60. Maka didapatkan derajat pengaruh Variabel X terhadap Y diperoleh Hasil 23% dan diperkirakan 77% dipengaruhi oleh faktor lain selain dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam dalam jaringan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring (online); Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Najmi Munir
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:12
Last Modified: 11 Oct 2022 03:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50291

Actions (login required)

View Item View Item