Penerapan psikoterapi Islam dalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa: Studi kasus di Panti Rehabilitasi Jiwa dan Narkoba Yayasan Darul Iman Cipacing Cibatu Garut

Azwar, Gagay Faizan (2022) Penerapan psikoterapi Islam dalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa: Studi kasus di Panti Rehabilitasi Jiwa dan Narkoba Yayasan Darul Iman Cipacing Cibatu Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy

Abstract

Jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) menurut riset yang dilakukan oleh Riskerdas (Riset Kesehatan Dasar) pada tahun 2018, bahwa 19 juta penduduk Indonesia mengalami gangguan jiwa. Hal ini tertunya menjadi permasalahan yang penting untuk ditangani. Penangan ODGJ bisa diterapi dengan banyak cara seperti penanganan lewat ranah medis menggunakan obat-obatan psikiatrik atau menggunakan terapi-terapi yang dikuhuskan untuk meangani Orang Dengan Gangguan Jiwa. Salah satu penanganan ODGJ adalah dengan penerapan psikoterapi Islam. Penerapan psikoterapi Islam dalam penanganan Orang Dengan Orang Gangguan Jiwa menekankan nilai agama Islam dan praktik ibadah. Hal ini bisa dilihat di Panti Rehabilitasi Jiwa dan Narkoba Darul Iman Cipacing, Cibatu, Garut. Panti rehabilitasi ini menekankan nilai keagamaan dan praktik ibadah dalam penanganan ODGJ. Penelitian ini mengambil studi kasus di Panti Rehabilitasi Gangguan Jiwa dan Narkoba Darul Iman Cipacing Garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan efektifitas penerapan psikoterapi Islam dalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa di Panti Rehabilitasi Darul Iman Cipacing Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Peroses pengumpulan data pada penilitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi proses penerapan psikoterapi Islam dalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah pimpinan yayasan, pengurus, orang tua pasien dan pasien yang sudah sembuh serta literatur sebagai data sekunder. Panti Rehabilitasi Jiwa dan Narkoba Yayasan Darul Iman Cipacing Cibatu Garut merupakan Lembaga yang menangani ODGJ dengan mengunakan pendekatan psikoterapi Islam. Mempunyai ciri dalam pengobatannya yaitu menitikberatkan proses taubat dari pasien dan keluarga Penerapan psikoterapi Islam dalam penangan ODGJ menunjukan bahwa: (1) Tahap awal dimulai dengan taubat yang dilakukan oleh pasien dan orang tua, (2) Pengamalan dzikir yang dilakukan setiap hari, (3) Pemahaman agama bagi pasien yang sudah memiliki kesadaran. (4)Jika sudah sadar diberikan tugas berpuasa dan solat sunah disamping solat wajib agar emosi dan jiwa lebih tenang. Penerapan psikoterapi Islam di panti rehabilitasi Darul Iman efektif dalam menangani ODGJ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Orang Dengan Gangguan Jiwa; Psikoterapi Islam
Subjects: Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Pharmacology and Therapeutics > Theraphists
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Miscellaneous Branches of Medicine and Surgery > Rehabilitation
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Gagay Faizan Azwar
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:41
Last Modified: 13 Apr 2022 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50260

Actions (login required)

View Item View Item