Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII A SMP At-Taqwa 03 Cabangbungin Bekasi: Penelitian quasi eksperimen di SMP At-Taqwa 03 Cabangbungin Bekasi

Hanah, Siti (2021) Pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII A SMP At-Taqwa 03 Cabangbungin Bekasi: Penelitian quasi eksperimen di SMP At-Taqwa 03 Cabangbungin Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran pada siswa SMP At-Taqwa 03 Cabangbungin Bekasi Kelas VIII A. yang mana pengajar masih merupakan satu-satunya sumber belajar bagi siswa, sehingga membuat siswa mudah lelah dan lelah selama pembelajaran. Guru juga lebih suka mengabaikan anak-anak yang sedang bercanda atau bermain sambil belajar. Hasil belajar siswa sangat rendah karena tidak adanya latihan pembelajaran yang tidak berdaya, dan instruktur yang menunjukkan penggunaan model atau metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan model pembelajaran SAVI pada mata Pelajaran PAI di kelas VIII A SMP At-Taqwa 03 Cabangbungin. 2) Pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap aktivitas belajar siswa pada mata Pelajaran PAI di kelas VIII A SMP At-Taqwa 03 Cabanbungin Bekasi. 3) Pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PAI di kelas VIII A SMP At-Taqwa 03 Cabangbungin. Eksplorasi ini bergantung pada kemungkinan berkurangnya latihan dan hasil belajar siswa karena tidak adanya kecermatan guru dalam memilih model atau strategi dalam pembelajaran. Akibatnya, spesialis memilih model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelektually). Karena model pembelajaran SAVI merupakan model pembelajaran yang signifikan untuk disajikan dan dimanfaatkan oleh guru dalam melakukan pembelajaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain penelitian one group pretest postest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP 03 Cabangbungin, sebanyak 32 siswa. Hipotesis yang diajukan adalah “Model Pembelajaran SAVI dapat berpengaruh pad aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.” Berdasarkan Hasil Penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran SAVI dapat berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa setelah pemberlakuan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually) diperoleh nilai rata-rata sebesar 31,78 dengan simpangan baku 1,70 serta nilai terendahnya yaitu 29 dan nilai tertinggi yaitu 36. dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI setelah diterapkan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually) (post-test) diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,19 dengan simpangan baku 12,24 serta nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 100. Hal ini berarti terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII A SMP At-Taqwa 03 Cabangbungin Bekasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Hanah
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:50
Last Modified: 13 Apr 2022 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50245

Actions (login required)

View Item View Item