Dampak Covid-19 terhadap peribadatan shalat jamaah : Studi deskriptif Masjid Besar Kaum Ujungberung Kelurahan Cigending Kecamatan Ujungberung Bandung

Fatimah, Rani Nur (2022) Dampak Covid-19 terhadap peribadatan shalat jamaah : Studi deskriptif Masjid Besar Kaum Ujungberung Kelurahan Cigending Kecamatan Ujungberung Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Dampak Covid-19 Terhadap Peribadatan Shalat Jamaah (Studi Deskiptif Majid Besar Kaum Ujung Berung Kelurahan Cigending Kecamatan Ujung Berung Bandung) Dalam penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Covid-19 terhadap peribadatan shalat jamaah pada Covid 19 di masjid besar kaum Ujung Berung dan (2) untuk mengetahui cara optimalisasi DKM masjid besar kaum Ujung Berung menyikapi masa Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dalam data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Dalam teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa dalam dampak Covid-19 terhadap shalat jamaah di masjid besar kaum Ujung Berung sudah kembali normal berjalan dengan aman dan nyaman dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang masih berlaku, walaupun jamaah ini berkurang di masa pandemi Covid-19 di mana masyarakat ini sangat khawatir akan tertular virus Covid-19 saat melaksanakan shalat berjamaah di masjid dikarenakan akan berkurumunan. Dalam melaksakan shalat berjamaah di masjid besar kaum Ujung Berung di dalam shaf shalat ini dilakukan dengan batasan menggunakan tanda silang atau jaga jarak dan himbauan pada kesadaran jamaah masing-masing. Dan juga cara mengoptimalisasinya dengan cara memenuhi aturan protokol kesehatan yang sudah di terapkan oleh pemerintah saat melaksanakan shalat berjamaah di masjid maka harus menggunakan masker, jaga jarak, dan selalu mencuci tangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dampak Covid-19; Peribadatan Shalat Jamaah
Subjects: Islam > Other Practices
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Rani Nur Fatimah
Date Deposited: 12 Apr 2022 06:34
Last Modified: 12 Apr 2022 06:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50225

Actions (login required)

View Item View Item