Hubungan manajemen arsip elektronik dengan kualitas layanan administrasi tata usaha : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung

Amelia, Yang (2021) Hubungan manajemen arsip elektronik dengan kualitas layanan administrasi tata usaha : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.docx.pdf

Download (199kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.docx.pdf

Download (290kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan pelaksanaan kegiatan lembaga pendidikan harus melakukan kegiatan belajar secara online dan menggunakan dokumentasi secara digital, hal ini juga mengakibatkan semakin meningkatnya jumlah arsip dalam bentuk digital. Agar terwujudnya manajemen arsip yang efektif dan dinamis, maka lembaga pendidikan harus mampu secara aktif memanfaatkan teknologi digital melalui manajemen arsip elektronik guna meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan. Penelitian yang dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak menyatakan penataan arsip tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan sub bagian tata usaha adalah sebesar 58%. Selanjutnya pada penelitian di Kantor Dinas Pendidikan Kota Cimahi menunjukkan koefisien determinasi variabel yang diperoleh sebesar 68,39%. Penelitian di MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo menyatakan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 73,8%. Dari ketiga penelitian tersebut maka dapat dikatakan pengelolaan arsip elektronik berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kualitas layanan administrasi tata usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen arsip elektronik Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung, kualitas layanan administrasi Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung, dan hubungan manajemen arip elektronik dengan kualitas layanan administrasi tata usaha Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Kemudian setelah data terkumpul, diolah dengan bantuan program SPSS menggunakan teknik analisis data uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linieritas), dan uji korelasi dengan menggunakan korelasi pearson dan uji determinasi. Hasil penelitian menyatakan manajemen arsip elektronik mempunyai hubungan yang positif terhadap kualitas layanan administrasi tata usaha, dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Terdapat jenis hubungan variabel yang mengarah pada sifat positif dikarenakan angka pearson correlation sebesar 0,566 yang mana tidak memiliki tanda (-) diangka tersebut maka hubungan kedua variabel adalah searah dan memiliki arti semakin tinggi/baik manajemen arsip elektronik maka semakin tinggi/baik pula kualitas layanan administrasi tata usaha. Kemudian koefisien determinasi (R square) yang diperoleh adalah sebesar 0,321 yang artinya kontribusi variabel manajemen arsip elektronik terhadap kualitas layanan administrasi tata usaha adalah sebesar 32,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Arsip; Arsip Elektronik; Madrasah Aliyah Negeri
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yang Amelia
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:52
Last Modified: 14 Apr 2022 06:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50217

Actions (login required)

View Item View Item