Evaluasi program Kangpisman (Kurangi,Pisahkan,dan Manfaatkan) di kelurahan Cisaranten Kidul kecamatan Gedebage kota Bandung tahun 2021

Salam, Mezar Badrus (2021) Evaluasi program Kangpisman (Kurangi,Pisahkan,dan Manfaatkan) di kelurahan Cisaranten Kidul kecamatan Gedebage kota Bandung tahun 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi Program adalah bagian akhir dari suatu proses kebijakan program yang dipandang sebagai pola aktivitas yang berurutan. Kangpisman merupakan salah satu program yang dibuat untuk mengurangi dan bisa memanfaatkan sampah dengan baik dan benar. Oleh sebab itu maka program kangpisman ini harus bisa berjalan baik di kelurahan cisaranten kidul. Program kangpisman sudah didukung dengan adanya peraturan walikota nomor 37 tahun 2019 Tentang petunjuk pelaksanaan daerah kota bandung nomor 17 tahun 2012 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik. Prinsip dari adanya program Kangpisman adalah untuk mengurangi sampah yang ada di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Program Kangpisman di Kelurahan Cisaranten Kidul Kecamatan Gedebage Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Wirawan yang terdiri dari beberapa variabel yang dapat mempengaruhi keberhasilan evaluasi program yaitu sebagai berikut: Evaluasi Proses, Evaluasi Manfaat, Evaluasi Dampak. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan materi audio visual. Kemudian dalam teknik analisis data menggunakan tiga teknik yaitu Reduksi Data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyimpulkan bahwa Program Kangpisman di Kelurahan Cisaranten Kidul dinilai sudah cukup optimal dan proses kebijakan sudah terperinci, transparan, dan sesusai dengan prosedur Mengacu kepada indikator Peraturan Daerah Kota Bandung nomor 17 tahun 2012 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik pasal 2 adalah :betanggung jawab, kelestarian dan keberlanjutan, keserasian dan keseimbangan, kesadaran, keselamatan, dan partisipatif . Hasil (Target) yang diberikan dapat bermanfaat dan bernilai bagi masyarakat, Berikut manfaat Program kangpisman di bank sampah Nurul Fikri 14.12 untuk masyarakat kelurahan Cisaranten Kidul dari segi Sosial, Ekonomi dan Lingkungan. Dampak yang akan diberikan dan diharapkan pada masyarakat sudah cukup sesuai, Program Kangpisman mampu memberikan dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan. Kepopuleran Kangpisman ini tentu tidak jauh dari peran bank sampah sendiri dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Dengan pola pengelolaan Kangpisman secara disiplin dapat memberikan dampak cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program; Kangpisman
Subjects: Public Finance
Public Administration
Public Administration > General Publications of Public Administration
Public Administration > Public Administration in Socioeconomic Areas
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Public Policy Issues in Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Mezar Badrus Salam
Date Deposited: 08 Apr 2022 04:30
Last Modified: 08 Apr 2022 04:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50173

Actions (login required)

View Item View Item