Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Flash CS6 dan strategi Mnemonic untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa : Penelitian R&D di MA As-Sa`Adah Sumedang

Nurrohim, Ade Saleh (2022) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Flash CS6 dan strategi Mnemonic untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa : Penelitian R&D di MA As-Sa`Adah Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan siswa dalam memahami suatu materi perlu ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran. Di Indonesia penggunaan media pembelajaran umumnya masih sebatas media konvensional seperti papan tulis dan buku pendukung. Padahal, melihat laju pesat perkembangan teknologi komunikasi, setiap lembaga yang mewakili institusi pendidikan seharusnya dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic (2) kelayakan dari segi ahli materi, ahli media dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MA AS-SA`ADAH Sumedang kelas XI MIA, ahli materi, ahli media dan objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic . Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner skala 4 dengan analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media Pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic dikembangkan melalui 5 tahapan yaitu: a) Analysis; b) Design; c) Development; d) Implementation; dan e) Evaluation. (2) Media Pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 dan Strategi Mnemonic ini layak digunakan berdasarkan penilaian: a) Ahli materi diperoleh persentase 96% (Sangat Valid), b) Ahli media diperoleh persentase 83% (Sangat Valid), (c) Praktikalitas media pada ujicoba skala besar diperoleh persentase 87% (Sangat Praktis), (d) Efektivitas pada ujicoba skala besar diperoleh persentase 70% (Efektif).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Flash CS6 dan Strategi Mnemonic; Pemahaman konsep Matematis.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Adult Education > Distance Education
Geometry > Trigonometry
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ade Saleh Nurrohim
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:00
Last Modified: 07 Apr 2022 06:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50161

Actions (login required)

View Item View Item