Peran komunitas Kamun Arunika dalam meningkatkan pendidikan anak usia sekolah dasar : Studi kasus di Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

Mariam, Indah Saidah (2022) Peran komunitas Kamun Arunika dalam meningkatkan pendidikan anak usia sekolah dasar : Studi kasus di Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat pendidikan dikalangan anak-anak usia sekolah dasar. Mereka tinggal di daerah yang tidak jauh dari Kota Bandung tetapi masih tertinggal dalam pendidikannya yaitu di Tugu Laksana Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Rendahnya minat pendidikan mereka inilah akhirnya hadirlah sebuah komunitas yang sukarela membantu meningkatkan minat pendidikan dikalangan mereka. Komunitas ini dikenal dengan Komunitas Kamun Arunika. Komunitas ini terdiri dari para mahasiswa. Kegiatan komunitas ini mengadakan pembelajaran dan beberapa kegiatan lain untuk menambahkan minat serta bakat anak-anak usia sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh Komunitas Kamun Arunika terhadap pendidikan anak usia sekolah dasar di Tugu Laksana Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Pendidikan Moralitas dari Emile Durkheim.Teori ini menyatakan bahwa pendidikan moral merupakan sebuah pembelajaran mengenai nilai dan praktek hidup yang penting bagi masyarakat yang artinya moralitas adalah milik masyarakat bukan milik seseorang, bertindak secara moral berarti bertindak demi kepentingan kolektif. Selanjutnya menggunakan Teori Peran Jim&Prank yaitu mengenai peran-peran terhadap komunitas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diambil dari beberapa anggota komunitas, pemilik yayasan, pengurus harian dan tokoh masyarakat. Sedangkan sumber data sekunder diambil dari kajian ilmiah penelitian terdahulu, dokumen data mengenai profil daerah Tugu Laksana, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian Langkah strategis Komunitas Kamun Arunika melalui berbagai strategi baik itu dengan melibatkan pihak luar melalui sistem volunteering untuk menjadi relawan pengajar, memberikan variasi program atau kegiatan, dan membuat media pembelajaran, serta memberikan pendampingan terhadap pendidikan karakter anak usia sekolah dasar, memberikan peluang pengembangan melalui kegiatan event. Terdapat faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan di Desa Pagerwangi terutama karena persepsi dan karakter masyarakat setempat yang tidak peduli dengan pendidikan, sedangkan faktor pendukung ialah tersedianya failitas sarana, prasarana dan SDM. Urgensi Komunitas Kamun Arunika Terhadap Masyarakat untuk mengatasi permasalahan pendidikan melalui berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Kamun Arunika dengan alternatif pendidikan yang memberi kesempatan bagi anak-anak di Desa yang kita ketahui masih jauh dari fasilitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunitas; Peran; Pendidikan;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities
Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Indah Saidah Mariam
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:43
Last Modified: 07 Apr 2022 03:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50158

Actions (login required)

View Item View Item