Perubahan budaya ngopi di kalangan mahasiswa : Penelitian di kedai-kedai kopi di Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Gustiandi, Muhamad Ageu (2022) Perubahan budaya ngopi di kalangan mahasiswa : Penelitian di kedai-kedai kopi di Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa semakin banyaknya kebutuhan hidup manusia, maka akan semakin menuntut terjadinya peningkatan gaya hidup. Gaya hidup sendiri merupakan ciri sebuah dunia modern. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya hidup budaya ngopi yang dilakukan mahasiswa. Tempat penelitian dilakukan pada kedai kopi yang berada di sekitaran Kelurahan Cipadung. Dimana sasaran kegiatan ini adalah para pelanggan dari kalangan mahasiswa. Teori sosiologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Max Weber yaitu Tindakan Sosial yang menyatakan realitas sosial tidak terlepas dari pemahamannya tentang motif pribadi dan tindakan sosial, dan Jean Baudrillard tentang gaya hidup, konsumsi simbolik, dan kajian mengenai motif sosial yang menyatakan masyarakat saat ini sudah bukan berdasarkan dengan nilai dari barang tersebut melainkan lebih cenderung pada nilai simbol. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah Pemilik Coffeeshop dan Mahasiswa yang mengunjungi Coffeeshop dan sumber data sekundernya diambil dari skripsi, jurnal, buku, bahan bacaan yang berhubungan dengan penelitian ini, dan data dari lembaga desa tempat dilaksanakannya penelitian. Setelah itu teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokementasi. Adapun teknik analisis datanya dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan temuan lapangan menunjukan bahwa pembentukan gaya hidup ngopi mahasiswa dilatarbelakangi antara lain dengan adanya pengaruh modernisasi yang dalam penelitian ini dengan menjamurnya kedai kopi yang ada di Kelurahan Cipadung dan munculnya gaya hidup ngopi pada mahasiswa yang didasari motif sosial tertentu sehingga menjadi penanda atau konsumsi simbolik bagi remaja tersebut. Hal tersebut menjadi gaya hidup bagi mahasiswa dalam mengkonsumsi kopi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup ; Motif Sosial ; Konsumsi Simbolik ; Budaya Ngopi ; Mahasiswa ;
Subjects: Ethics of Social Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Social Process > Social Change
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhamad Ageu Gustiandi
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:20
Last Modified: 07 Apr 2022 03:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50142

Actions (login required)

View Item View Item