Peran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah BMT Barrah dalam peningkatan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif di KSPP Syariah BMT Barrah Cabang Kota Cimahi

Darojat, Dikki (2022) Peran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan (KSPP) Syariah BMT Barrah dalam peningkatan ekonomi masyarakat: Studi deskriptif di KSPP Syariah BMT Barrah Cabang Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (928kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan ekonomi dinilai sebagai salah satu faktor sebuah negara dikatakan maju. Hal ini bersinggungan dengan tingkat kemiskinan disuatu negara yang harus pada posisi yang stabil. Koperasi hadir sebagai salah satu solusi untuk mensejahterakan masyarakat. KSPP BMT Barrah adalah bentuk konkrit lembaga yang membantu dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui program, pelaksanaan serta dampak yang dirasakan oleh anggota atau nasabah yang telah melakukan kerjasama dengan pihak KSPP BMT Barrah Cabang Kota Cimahi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan beberapa teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Agus Ahmad Safei dan teori peningkatan ekonomi yang melibatkan lembaga sebagai tempat yang menaungi anggota atau nasabah dalam melakukan proses mengembangkan potensi oleh Sadono Sukirno. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan paradigma interpretif, karena data yang digunakan adalah data empiris yang diperoleh melalui proses wawancara di lapangan secara langsung guna mengetahui secara deskriptif Peran Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan (KSPP) Syariah BMT Barrah Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa : pertama, program yang disediakan oleh KSPP BMT Barrah dikhususkan untuk anggota atau nasabah dengan tujuan meningkatkan ekonomi. Kedua, pelaksanaan program kerjasama yang dilakukan oleh anggota atau nasabah dapat terlaksana karena menggunakan prosedur yang sederhana. Ketiga, dampak yang dirasakan oleh anggota atau nasabah berbeda, itu terjadi karena dalam proses pengelolaan modal usaha tergantung anggota atau nasabah itu sendiri dalam mengelola, namun ada kesamaan yaitu anggota atau nasabah sangat terbantu dengan bekerjasama dengan KSPP BMT Barrah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: koperasi; BMT Barrah; peningkatan ekonomi; pemberdayaan;UMKM
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Econmics > Economic Situation and Conditions
Production, Industrial Economics > Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dikki Darojat
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:51
Last Modified: 07 Apr 2022 01:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50139

Actions (login required)

View Item View Item