Tanggapan siswa terhadap penggunaan media Power Point hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian di Kelas V SD Negeri Bangbayang Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang

Fitriyani, Sri (2022) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media Power Point hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian di Kelas V SD Negeri Bangbayang Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari beberapa siswa yang nilainya di bawah rata-rata dan kurang memperhtikan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan pembelajran menggunakan media sangat penting dalam menunjang belajar mereka, salah satunya menggunakan media power point. Diharapkan siswa lebih paham terhadap materi yang telah disampikan, sehingga hasil belajar kognitif mereka lebih meningkat, dan tanggapan terhadap penggunaan media power point semakin tinggi. Disuatu sisi, respon siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media power point sangat baik. Namun di sisi lain, masih ada siswa yang hasil belajar Pendidikan Agama Islamnya rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media power point, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media power point dengan hasil belajar kognitif mereka pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Negeri Bangbayang Situraja Sumedang. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siaswa salah satunya penggunaan media pembelajaran diantaranya media power point. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin baik respon siswa terhadap penggunaan media power point maka akan semakin tingggi pula hasil belajar kognitifnya. Begitu pun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Responden 13 orang siswa kelas V SD Negeri Bangbayang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu: Analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Realits tanggapan siswa terhadap penggunaan media power point pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, tremasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 3,42 yang berada pada interval 3,40-4,19. 2) Hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 80,3 yang berada pada interval 80-100. 3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media power point dengan hasil belajar kognitif mereka pada pelajaran Pendidikan Agama Islam kategori tinggi, memperoleh angka koefisien 0,9391 yang berada pada interval 0,80-1,00. Hasil pengujian hipotesis memperoleh thitung (9,0646) > ttabel (2,20), artinya bahwa Ha ditrima dan Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat hubungan antara penggunaan media power point dengan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; Media power point; hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
General Principles of Music and Musical Form
General Principles of Music and Musical Form > Music for Specific Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Fitriyani
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:12
Last Modified: 07 Apr 2022 03:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/50128

Actions (login required)

View Item View Item